05 Nov 2021, 03:00Kandungan

Suntik

DK
Info Penanya: DK, Wanita, 23 Tahun
Dok saya kan Sunti KB aturan tgl 25 kemarin tapi saya ga suntik dan dari sebelum tgl 25 sampai hari ini saya ga hubungan intim sama suami, apa ada kemungkinan hamil?
45 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas pertanyaannya.KB adalah media dalam membantu pasangan suami istri yang masih ingin menunda kehamilan.  KB memiliki berbagai macam jenisnya yang disesuaikan dengan kebutuhan wanita yang menggunakannya, salah satunya suntik KBJadi jika belum ada hubungan intim dari telat KB maka tidak ada kemungkinan hamil.  Untuk itu tunda aktivitas seksual dan segera lakukan penjadwalan ulang suntik KB agar efektivitas KB juga tetap optimal dalam mencegah kehamilan.  

Cara menghindari kebobolan pada suntik KB :

  • Hindari telat suntik karena saat suntik telat maka efektivitas kerja KB juga akan menurun dimana akan meningkatkan potensi kehamilan. 
  • Tunda aktivitas seksual atau pakai kondom saat 7 hari pertama setelah suntik.  Hal ini karena sesaat setelah suntik KB masih beradaptasi di dalam tubuh dan biasanya memerlukan 5-7 hari untuk bekerja maksimal.  
  • Catat jadwal suntik di berbagai media misal di kalender, handphone, serta beritahu pasangan agar membantu mengingatkan.  
Jika dirasa memang sulit untuk mengingat dalam jadwal suntik, tidak ada salahnya pertimbangkan KB Jenis lain yang tidak perlu kontrol rutin perbulan seperti KB implan dan spiral. Anda dapat membaca beberapa forum terkait suntik KB seperti berikut :Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil