Suntik KB saat haid apakah ada efek sampingnya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Bolehkah suntik kb setelah melahirkan saat haid?? Dan apakah ada efek sampingya???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang H,

KB suntik adalah metode kontrasepsi yang dilakukan dengan cara menyuntikan hormon untuk mencegah kehamilan yang bisa dilakukan 1 bulan sekali ataupun 3 bulan sekali. Penyuntikan KB pertama kali sendiri perlu dilakukan pada hari pertama sampai kelima di masa menstruasi. Jadi penyuntikan KB dilakukan setelah melahirkan bisa dilakukan saat terjadi menstruasi pertama kali. 

Apabila dilakukan penyuntikan KB pertama kali diluar masa menstruasi maka perlu menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom jika akan berhubungan seksual selama 7 hari pertama, sebelum KB suntik bisa bekerja optimal memberikan perlindungan dari kehamilan.

Efek samping KB suntik

Efek samping KB suntik yang bisa terjadi sendiri diantaranya adalah:

  • Gangguan siklus menstruasi
  • Perdarahan diluar siklus menstruasi
  • Masalah penurunan kepadatan tulang
  • Nyeri kepala, nyeri payudara
  • Menimbulkan peningkatan berat badan

KB suntik juga perlu dilakukan dengan jadwal yang sesua untuk bisa tetap memberikan perlindungna optimal, untuk itu perhatikan dan buat pengingat kapan harus kembali datang untuk dilakukan penyuntikan kembali.

Jika ingin menunda kehamilan dalam jarak cukup lama seperti misalnya 2-3 tahun kedepan, bisa coba metode kontrasepsi lain seperti:

  • KB implan
  • IUD atau spiral

Karena kedua KB ini memberikan perlindungan bisa sampai 3-5 tahun tanpa perlu dilakukan penyuntikan berkala ataupun perlu dikonsumsi seperti pil KB setiap hari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terapi sengat lebah dipercaya bermanfaat bagi kesehatan

5 Manfaat Terapi Sengat Lebah yang Baik untuk Tubuh

Terapi sengat lebah atau apitherapy adalah metode pengobatan tradisional yang memanfaatkan racun dari sengatan lebah. Kenali apa saja manfaatnya untuk tubuh.