16 Sep 2021, 14:13Kandungan

Suntik KB apakah bisa digunakan untuk menaikkan berat badan?

H
Info Penanya: H0
Selamat siang, Dokter. Saya ingin bertanya. Jika belum pernah menggunakan kb, dan akan memakai kb 3bulan, suntiknya apa harus di bokong? Apa bisa dilakukan di lengan? Lalu saya sulit menaikkan berat badan, apa menurut dokter menaikkan berat badan melalui kb tidak apa² ? Terima kasih.
79 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo H,Suntik KB adalah salah satu jenis alat kontrasepsi favorit yang mempunyai efektivitas yang hingga 99% dalam mencegah kehamilan. KB ini dapat disuntikkan pada otot mana saja, namun memang lebih baik disuntikkan di pantat karena efeknya yang sangat ngilu dan jika disuntikkan pada otot lain selain pantat maka akan menyebabkan gangguan beraktifitas.

Efek KB suntik pada tubuh wanita

Suntik KB harus dilakukan sesuai dengan jadwal, selain itu KB ini sebenarnya memiliki beberapa efe samping antara lain adalah
  • Mengganggu siklus menstruasi
  • Menyebabkan perut terasa kembung,
  • Rasa sakit dan tidak nyaman di area sekitar payudara dan perut
  • Cenderung menimbulkan jerawat
  • Perubahan nafsu makan sehingga berat badan cenderung meningkat
  • Penurunan gairah seksual
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, efek dari pemakaian suntik KB memang dapat meningkatkan berat badan. Namun perlu diketahui, efek samping ini bisa saja tidak terjadi pada semua orang sehingga ada juga kemungkinan berat badan Anda tidak bertambah selama penggunaan KB.Sebelum melakukan KB, pastikan bahwa Anda tidak hamil misalnya dengan melakukan suntik pada hari terakhir haid, atau melakukan tes kehamilan sebelum suntik KB. Anda juga dapat melakukan konsultasi dan periksa ke dokter spesialis kandungan untuk menentukan KB apa yang cocok untuk Anda.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
penggunaan kbkontrasepsitambah berat badan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil