25 Aug 2021, 15:28Kandungan

Apakah habis melahirkan dan sudah haid, harus menggunakan KB ?

NK
Info Penanya: NK0
Assalamualaikum dok,saya mau tanya,saya hbis mlahirkan SDH mau 2 bln,dan sudah haid Apakah saya hrus suntik KB? Apakah kle saya KB msih ad kmungkinan buat hmil lgi ?
98 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, N.Wanita pasca melairkan cenderung lupa, lalai, enggan menggunakan KB, terutama wanita yang menyusui anaknya. Ibu menyusui menganggap diri mereka aman dan tidak mungkin hamil kembali. Apakah pendapat ini sepenuhnya benar ?

Apakah habis melahirkan dan sudah haid, harus suntik KB ?

Anda yang habis melahirkan sudah mau 2 bulan dan sudah haid, Anda masih bisa hamil walau Anda menyusui bayi secara eksklusif. Haid menandakan bahwa ovarium menghasilkan sel telur yang siap untuk melakukan pembuahan.Alat kontrasepsi yang Anda pilih tidak harus suntik KB. Anda dapat memilih KB yang cocok dan nyaman digunakan. Jika Anda menyusui bayi dan tidak mau KB menganggu produksi dan proses menyusui, Anda dapat menggunakan kondom, suntik KB 3 bulan, pil menyusui atau IUD.Anda dapat konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan saat ingin menentukan KB. Walau Anda sudah KB, masih ada kemungkinan hamil kembali saat Anda terlewat jadwal suntik KB ulang, lupa mengkonsumsi pil KB, IUD yang bergeser, atau kondom yang bocor. Jadi jika Anda telat haid setelah berhubungan sudah KB maupun belum KB, diikuti rasa mual, maka lakukan test pack.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
merencanakan kehamilankontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil