22 Jun 2021, 10:16Kandungan

Suntik KB apakah dapa langsung optimal mencegah kehamilan?

RR
Info Penanya: RR0
Dok, saya suntik KB itu di hari terakhir saya haid yaitu tgl 30 Mei , lalu saya berhubungan itu tgl 3 Juni. Apakah itu akan terjadi kehamilan atau tidak dok ?
45 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,KB Suntik terdapat 2macam yaitu KB Suntik 1 bulan dan 3 bulan. Keduanya mengandung hormon progesteron yang berfungsi untuk mencegah pematangan sel telur, menipiskan dinding rahim, dan mengentalkan lendir serviks sehingga menyulitkan masuknya sperma ke rahim. Namun KB suntik juga memiliki kekurangan yaitu tidak dapat langsung memiliki efek yang optimal pada saat baru pertama kali suntik.

Gunakan KB tambahan pada awal suntik pertama

Hormon dalam KB tetap membutuhkan waktu setidaknya 1minggu untuk dapat bekerja dengan baik dalam tubuh dan mencegah kehamilan secara efektif. Untuk itulah, sebaiknya pada pasangan yang baru saja pertama kali menggunakan KB, sebaiknya dilakukan perlindungan tambahan dengan menggunakan kondom 7hari pertama sejak suntik dilakukan.Masa 1minggu setelah haid, sebenarnya merupakan masa kurang subur yang dapat menyebabkan kemungkinan kehamilan kecil, namun saran diatas sebaiknya tetap dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti jika ternyata hamil padahal hormon KB akan mengganggu kehamilan. Jika sudah terlanjur berhubungan, sebaiknya tetap lakukan tes pack jika terdapat keterlambatan haid. Jika hasil positif, segera lakukan pemeriksaan dan USG ke dokter kandungan.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tes kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil