10 May 2021, 20:12Kandungan

Rutin suntik KB, apakah bisa terjadi kehamilan?

DS
Info Penanya: DS0
Dok saya ikut kb suntik sudah 6bulan, di tgl 10 mei sy habis brhubungan suami istri sdngkan tgl 13 waktunya suntik kb lg. Apakah akan trjadi kehamilan dok.?
82 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, DTerima kasih atas pertanyaan AndaSuntik KB merupakan jenis alat kontrasepsi hormonal yang sering digunakan dan terdapat 2 jenis yaitu suntik KB 3 bulan dan suntik KB 1 bulan. Apabila rutin dilakukan suntik KB sesuai dengan jadwal, maka suntik KB ini terbukti cukup efektif bagi pasangan yang berencana menunda kehamilan. Bahkan, efektifitas dari penggunaan suntik KB ini mencapai 99% sehingga hanya ada peluang sangat kecil yaitu 1% untuk terjadi kehamilan. Tetapi, jika suntik KB ini dilakukan tidak sesuai dengan jadwal atau sering terlambat, maka peluang terjadinya kehamilan semakin besar dikarenakan efektifitas dari suntik KB ini menurun.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari suntik KB:

  • Tetap berpeluang untuk terinfeksi penyakti menular seksual jika tidak menggunakan alat kontrasepsi jenis lain (kondom)
  • Sikus menstruasi menjadi tidak lancar
  • Berat badan bertambah disertai dengan nafsu makan yang meningkat
  • Nyeri di area payudara, perut dan atau sakit kepala
  • Muncul jerawat pada kulit
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika suntik KB selalu dilakukan rutin sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan maka hanya ada peluang kecil untuk terjadi kehamilan. Tetapi jika suntik KB dilakukan tidak rutin atau sering terlambat maka peluang terjadinya kehamilan akan semakin besar. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan jika ada keluhan terkiat dengan penggunaan Kb atau terkait dengan kesehatan organ reproduksi wanita. Tetap konsumsi makanan sehat, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup, makan makanan bergizi, jaga kebersihan dan kesehatan organ intim, hindari seks bebas dan berolahraga ringan agar tubuh tetap bugar.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
hamilpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil