25 Dec 2020, 15:21Kandungan

Kapan boleh berhubungan seksual setelah suntik KB 3 bulan ?

HW
Info Penanya: HW0
Baru suntik KB 3 hari alu berhubungan intim dan memasukan sperma kedalam vagina, apakah mengakibatkan kehamilan
663 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, H.Suntik Kb 3 bulan adalah salah satu alat kontrasepsi yang efektif dalam mencegah kehamilan. Cara kerja suntikan KB 3 bulan ini adalah dengan menghambat terjadinya ovulasi dan mengentalkan organ intim wanita sehingga sperma sulit masuk dan bertemu dengan ovum.

Kapan boleh berhubungan seksual setelah suntik KB 3 bulan ?

Kehamilan dapat diawali dengan penetrasi penis ke dalam vagina. Penggunaan KB suntik ini dapat mencegah pembuahan namun KB suntik ini akan efektif setelah 1 hingga 2 minggu setelah penyuntikan.  Untuk itu, jika Anda dan pasangan ingin berhubungan seksual setelah suntik KB 3 bulan, maka dapat menggunakan alat kontrasepsi lain sebagai tambhaan seperti kondom.

Apakah berhubungan seksual setelah suntik KB dapat menyebabkan kehamilan ?

Perlindungan KB suntik 3 bulan tidak dapat seutuhnya mencegah kehamilan maka jika Anda mengalami telat haid setelah berhubungan seksual, dimana telat haid ini lebih dari siklus menstruasi normal yaitu 21 hari sampai 35 hari, dapat diikuti dengan gejala mual muntah yang berlebihan saat pagi hari, kelemahan fisik, keinginan untuk berkemih secara terus-menerus, keram perut, dan nyeri pada payudara, sebaiknya Anda melakuakn pemeriksaan kehamilan dengan meggunakan PP test atau test pack.Anda sebaiknya menulis pengingat di HP atau di kalender untuk mencatat kapan tanggal Anda harus kembali suntik KB 3 bulan, dan kapan Anda menstruasi untuk melihat apakah Anda mengalami telat haid atau tidak.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilantes kesuburankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil