08 Nov 2020, 22:45Kandungan

Apakah bisa hamil jika melakukan suntik KB sesuai dengan jadwal?

IC
Info Penanya: IC0
Dok, sya mau nanyak , sya sudah habis suntik kb 1 bulan , trus sya suntik lagi ,slesai suntik ,besok nya sya berhubungan dengan suami , apakah bisa hamil dok
181 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ITerima kasih atas pertanyaan AndaSuntik KB merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang gemar digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan suntik KB mempunyai efektfitas yang mencapai hingga 99%, dimana hanya akan ada peluang kecil sebesar 1% untuk terjadi kehamilan apabila suntik KB ini dilakukan secara rutin dan terjadwal. 

Adapun beberapa manfaat dari suntik KB yaitu:

  • Tidak perlu menghitung masa subur 
  • Tidak perlu menggunakan alat kotrasepsi lain
  • Bertahan lama bisa mencapai 8-13 minggu tergantung jenis dari suntik KB yang digunakan
  • Relatif aman untuk ibu menyusui
  • Membantu mengurangi nyeri haid
Selain beberapa kelebihannya, suntik KB juga memiliki kekurangan seperti tidak bisa melindungi Anda dari penyakit menular seksual, menyebabkan rasa tidak nyaman pada kepala/payudara/perut, perubahan mood, timbulnya jerawat, nafsu makan meningkat dan membutuhkan waktu lama jika Anda ingin hamil kembali. Terkait dengan pertanyaan Anda, jika Anda sudah rutin melakukan suntik KB dan melakukannya sesuai jadwal, maka suntik KB ini sangat efektif dalam mencegah kehamilan. Sehingga hanya ada kemungkinan kecil untuk terjadi kehamilan, atau bahkan tidak terjadi kehamilan. Namun, alangkah baiknya berikan jeda kurang lebih sekitar 7 hari setelah melakukan suntik KB jika hendak melakukan hubungan seksual agar kinerja dari suntik KB semakin efektif. Tetap berusaha makan makanan sehat bergizi, hindari stres dan kelelahan, jaga kebersihan organ kewanitaan dan lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat. Jika ada keluhan terkait denan organ reproduksi, lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat dari lokasi Anda.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekshubungan seksualkehamilanpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil