Suntik kb tapi tidak pernah haid

NN Info Penanya: NN
Halo dok...saya sudah beberapa kali kb tp tidak pernah haid,dan sampai disaat saya waktunya suntik KB ,saya suntik KB di siang hari dan malam harinya saya dan suami berhubungan intim...ini gimana ya dok...apakah ada resiko hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam NN,

Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang bisa dipilih baik dilakukan penyuntikan tiap 1 bulan sekali ataupun 3 bulan sekali. KB suntik sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan sama seperti metode kontrasepsi lainnya.

Beberapa kekurangan atau efek samping yang bisa timbul diantaranya adalah:

  • Gangguan siklus menstruasi
  • Tidak haid sama sekali
  • Perdarahan diluar masa menstruasi
  • Sakit kepala
  • Nyeri payudara
  • Gangguan kepadatan tulang
  • Dan memerlukan waktu untuk bisa kembali subur nantinya setelah lepas KB

Jika sudah rutin menggunakan KB sesuai jadwal, maka sudah memiliki kekebalan dan perlindungan dari kehamilan. Untuk itu tidak perlu khawatir jika langsung berhubungan seksual setelah suntik KB siangnya. Apabila baru pertama melakukan suntik KB memang bisa ada risiko hamil jika langsung melakukan hubungan seksual setelah melakukan suntik KB.

Apabila tidak nyaman dengan efek samping KB suntik yang membuat tidak hamil, maka bisa berkonsultasi untuk mengganti metode kontrasepsi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Plano test bisa dilakukan menggunakan sampel darah maupun urine.

Mengenal Plano Test, Uji Kehamilan Lewat Urine Maupun Darah

Plano test adalah pemeriksaan yang untuk mengonfirmasi kehamilan dengan cara mendeteksi ada atau tidaknya hormon kehamilan (hCG). Ya, ini dalah pemeriksaan kehamilan yang sebenarnya umum dilakukan.