Suntik KB kemudian haid apa efektif?

MN Info Penanya: MN
Dok saya kan kb 1 bln skali, saya suntik kb sesuai tgl yg sudah di tentukan, Tapi setelah saya suntik,malah haidApa solusi nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MN,

KB suntik adalah salah satu kontrasepsi yang banyak diminati untuk mencegah kehamilan karena praktis dan cukup mengingat jadwal suntiknya saja yang sebulan sekali atau 3 bulan sekali.

Perihal kondisi Anda yang setelah KB suntik sesuai jadwal kemudian muncul haid, maka hal tersebut bisa suatu hal yang wajar. Karena tidak ada ketentuan bahwa wanita yang KB tidak akan haid. Dan keluarnya haid bukan berarti KB nya tidak bekerja.

Perlu diketahui bahwa efek samping KB bisa mengganggu siklus haid seperti haid menjadi maju atau mundur, darah yg keluar sedikit atau banyak, atau malah tidak haid samasekali. Namun efek samping ini tidak selalu muncul, tergantung masing2-masing individunya. Jadi yang Anda alami bisa suatu hal yang wajar sehingga Anda tidak perlu cemas.

Yang penting diperhatikan adalah Anda suntik KB sesuai jadwal agar KB yang Anda gunakan efektif dan bisa mencegah kehamilan. Dan jalankan pola hidup sehat seperti banyak makan sayur dan buah, minum air putih yang banyak, cukup tidur serta olahraga secara rutin agar tubuh lebih bugar dan siklus haid bisa lancar.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat keputihan alami yang aman

7 Obat Keputihan Alami yang Aman dan Efektif

Obat keputihan alami dan efektif perlu Anda ketahui. Mulai dari bawang putih, yogurt, hingga minyak kelapa bisa Anda gunakan untuk mengatasi keputihan. Jika cara alami tak juga ampuh meredakan keputihan yang berbau dan berwarna tak wajar, segera hubungi dokter.