23 Aug 2020, 05:08Kandungan

Bagaimana cara suntik KB yang benar?

KF
Info Penanya: KF, Wanita, 1 Tahun
Dok suami saya kerjja diluar kota klo plg 6bln sekali kadang sampek 1th..boleh gk klo saya suntik kb waktu plg aja nt klo udah brgkt saya gk suntik saya gk bisa bulanan klo s kb .gmn dok bleh ap gk .
4884 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, KF.Suntik adalah salah satu metode kontrasepsi agar program KB (Keluarga Berencana) dapat berlangsung dengan baik. Ada dua jenis suntik berdasarkan waktunya, dimana masing-masing jenis tersebut mengandung hormon yang berbeda. Dengan mekanismenya masing-masing, kedua jenis suntik tersebut memiliki efektivitas sekitar 99% dalam mencegah kehamilan.Dalam metode ini, satu bulan dianggap sebagai 28 hari. Nah, cara suntik yang benar adalah dengan menyesuaikan dengan jumlah hari sejak kali pertama suntik. Berikut penjelasannya:
  • Suntik 1 bulan sebaiknya dilakukan setiap 28 hari. Jadi, apabila Anda suntik tanggal 1 Januari, maka lakukan suntik selanjutnya tanggal 29 Januari.
  • Suntik 3 bulan sebaiknya dilakukan setiap 84 hari (28 x 3). Jadi, apabila Anda suntik tanggal 1 Januari, maka lakukan suntik selanjutnya tanggal 26 Maret.
Biasanya, saat Anda suntik, dokter juga akan memberi tahu kapan Anda harus kembali. Ada juga beberapa tempat yang menyediakan 'kartu suntik', yang berfungsi sebagai pengingat jadwal agar Anda tidak lupa.Mengenai kondisi Anda, apabila memang Anda tidak melakukan aktivitas seksual dengan siapapun pada saat suami di luar kota, maka Anda tidak akan hamil, walaupun tidak melakukan suntik. Oleh karena itu, Anda boleh-boleh saja melakukan suntik hanya saat suami pulang (akan berhubungan intim). Perlu diketahui, suntik sebaiknya dilakukan minimal 14 hari sebelum kepulangan suami, karena hormon yang terkandung dalam suntik baru efektif mencegah kehamilan setelah 14 hari tersebut.Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil