Suntik KB 1 bulan tetapi belum haid

SM Info Penanya: SM
Doc mau tanya dunk Saya kan pakai suntik KB yg 1 bulan ... Saya ad jadwal suntik besok ... Cuman biasa na 2 hari seblm suntik saya haid .. tapi saat ini belum haid juga ? Itu knp ya doc ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SM,

Tidak haid adalah salah satu efek samping yang bisa ditimbulkan dari pemakaian KB suntik, dimana bisa terjadi ketidakseimbangan hormonal tubuh karena penyuntikan KB suntik yang berisi hormon untuk mencegah kehamilan.

Selain masalah siklus menstruasi, KB suntik juga bisa menimbulkan beberapa efek samping lain seperti:

  • Kenaikan berat badan
  • Perubahan siklus menstruasi menjadi tidak teratur bahkan bisa sampai tidak haid sama sekali
  • Perdarahan diluar siklus menstruasi
  • Masalah tulang seperti penurunan kepadatan tulang, tetapi bisa kembali setelah suntik KB dihentikan
  • Bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri di payudara dan sakit kepala 

KB suntik sendiri digunakan 1 bulan atau 3 bulan sekali. Jika baru menggunakan KB beberapa kali maka tubuh masih beradaptasi dengan perubahan hormonal yang terjadi, tetapi jika sampai tidak haid lebih dari 90 hari berturut-turut, keluhan ini disebut dengan amenorea dan perlu diperiksakan.

Jika nantinya merasa tidak nyaman dengan kondisi tidak datang bulan, maka bisa mengganti metode kontrasepsi dengan metode lain seperti misalnya pil KB, KB implan, kondom dan lainnya. Jadi untuk saat ini, biarpun tidak haid tetap bisa melakukan penyuntikan sesuai jadwal untuk melanjutkan perlindungan pencegahan kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi haid tidak lancar dengan olahraga

Mengenal Faktor Risiko dan Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara mengatasi haid tidak lancar wajib diketahui oleh para wanita. Selain olahraga teratur dan mengonsumsi kayu manis, vitamin D juga diketahui dapat melancarkan haid.