Suntik kb saat masa nifas, apakah bisa hamil?

SL Info Penanya: SL, Wanita, 30 Tahun
Dok saya baru saja melakukan suntik KB yg 3bulan sekali, pada masa nifas saya di tgl 3 mei. Lalu saya berhubungan di tgl 7 mei dgn posisi ( sperma keluar di dlm ) Ada kemungkinan hamil ga yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

KB suntik adalah salah satu metode kontrasepsi yang banyak digunakan oleh kaum wanita untuk mencegah kehamilan. KB suntik berisi hormon progesteron. KB suntik bertujuan untuk mencegah pelepasan sel telur dari ovarium dan menebalkan lendir di sekitar leher rahim sehingga menghalangi masuknya sperma.

KB suntik pada umumnya diberikan pada 5-7 hari pertama menstruasi. Jika KB suntik diberikan setelah 7 hari siklus menstruasi, maka perlu menggunakan kontrasepsi tambahan agar tidak terjadi kehamilan. Jika Anda menggunakan KB suntik di minggu ke 6 setelah bersalin, maka KB suntik ini sudah mulai efektif bekerja. 

Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangat kecil. Tetapi, untuk memastikannya kembali, saya sarankan Anda untuk melakukan testpack di bulan depan jika Anda mengalami keterlambatan haid. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil Kosong Tapi Tidak Pendarahan, Mengapa Bisa?

Pendarahan dapat menjadi tanda dari hamil kehamilan anembrionik atau hamil kosong. Akan tetapi, Anda juga bisa mengalami hamil kosong tapi tidak pendarahan. Mengapa itu bisa terjadi?