Sudah berhenti KB suntik tapi masih mengeluarkan darah, apakah wajar?

RA Info Penanya: RA
AssalamuAlaikum Dok Begini kan saya sudah berhenti Suntik Pada Tanggal 3 Bulan 4 Kok Masih Ada Darah Keluar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

KB suntik merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal. KB ini mengandung hormon progesteron. Cara kerja KB suntik yaitu mencegah pelepasan sel telur dari ovarium dan menebalkan lendir di sekitar leher rahim sehingga menghambat sperma untuk masuk. 

KB suntik memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekukarangan  dari KB suntik yaitu haid menjadi tidak teratur. Kadang bisa lebih banyak dari biasanya atau kadang berhenti sama sekali. 

Kondisi yang Anda alami ini merupakan efek dari KB suntik. Walaupun Anda sudah berhenti KB, tapi efeknya masih ada. Itulah yang menyebabkan Anda masih keluar darah sampai sekarang. Kondisi ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Untuk itu, kondisi Anda ini harus diobservasi dulu selama beberapa hari ke depan. Jika masih mengeluarkan darah terus menerus dan ada gejala lain seperti lemas, maka harus dilakukan pemeriksaan ke dokter kandungan langsung agar diterapi lebih lanjut. 

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vaginitis adalah proses peradangan pada vagina yang umumnya disebabkan oleh infeksi

Apakah Perlu ke Dokter Saat Alami Vaginitis?

Vaginitis adalah proses peradangan pada vagina yang umumnya disebabkan oleh infeksi. Biasanya, seorang wanita setidaknya mengalami vaginitis satu kali, dalam hidupnya. Vaginitis sendiri tidak perlu penanganan medis, namun tetap harus diperhatikan.