Mengapa tidak haid setelah berhenti menggunakan KB suntik?

DS Info Penanya: DS
Dok...saya mw tanya saya sdh 4 thun suntik kb yg 1 bln krn tidak mens saya hentikan suntik nya tapi sampek sekarang kok blm halangan krn takut hamil sya sdh test pack hasilnya negatif ni gmn ya dok sdh 2 bln tdk halangan dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, DS.

KB suntik merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang banyak digunakan oleh sebagian ibu. Cara kerja dari alat kontrasepsi yaitu dengan mencegah terjadinya proses pembuhan agar sel sperma dan sel telur tidak bertemu.

KB suntik berisi hormone progesterone, dimana hormon progesterone ini dapat membuat lender servix menjadi lebih kental sehingga dapat menghalangi sperma untuk dapat bertemu dengan sel telur di rahim. Hormon progesterone pada suntik KB ini sama dengan hormon progesterone yang diproduksi pada saat wanita sedang menstruasi.

Saat menggunakan  KB suntik ini seseorang juga dimungkinkan tidak akan mengalami menstruasi karena hormon ini bekerja untuk menghentikan produksi dan pelepasan sel telur yang biasa kita sebut dengan proses ovulasi. Kemudian KB suntik ini juga dapat menyebabkan kondisi rahim Anda menjadi lebih tipis sehingga jika terjadi proses pembuahan rahim tidak dapat mempertahankan janin yang dibuahi tersebut. Berikut ini kami jelaskan beberapa efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi KB suntik.

Efek samping  dari KB suntik adalah :

  • Berat badan mudah bertambah
  • Menstruasi jadi tidak teratur bahkan tidak sedikit wanita yang sama sekali tidak menstruasi
  • Mood mudah berubah-ubah
  • Sakit kepala
  • Kesuburan akan sulit kembali seperti sedia kala
  • Kepadatan mineral tulang akan berkurang

Dalam kasus yang sedang Anda alami, salah satu efek samping KB suntiknya adalah Anda tidak bisa langsung merencanakan kehamilan setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi KB suntik ini. Sebab, setelah selesai menggunakan KB suntik, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pemulihan kesuburan. Waktu untuk memulihkan kesuburan biasa membutuhkan beberapa bulan, bahkan ada yang lebih dari 10 bulan setelah seseorang tersebut lepas menggunakan KB suntik.

Tanda dimana seseorang yang sudah lepas KB suntik telah kembali kesuburannya yaitu dengan adanya proses menstruasi yang teratur kembali. Untuk mengembalikan kondisi kesuburan pada diri Anda sebaiknya lakukan pola hidup yang baik dengan berolahraga teratur, hindari stres dan kekhawatiran berlebih, kemudian tidur yang cukup. Jika Anda masih mengalami hal yang tidak diinginkan segeralah memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan.

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

 

Salam sehat,
dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagi calon ibu perlu mengetahui jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil di tiap trimesternya

6 Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Ibu hamil disarankan untuk tetap rutin berolahraga. Namun sebelum melakukannya, penting bagi para calon ibu untuk mengetahui jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil di tiap trimesternya.