Berhubungan ketika haid apakah bisa hamil?

DW Info Penanya: DW, Wanita, 1 Tahun
Dok tgl 2 saya kan sedang haid, tapi suami saya ajak saya berhubungan intim malamnya dan keluar di dalam dan setelah tgl 3-4 saya baru suntik KB apakah saya bisa hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DW,

Berhubungan seksual saat sedang haid atau menstruasi memang kecil peluangnya untuk bisa hamil tetapi jika dilakukan di akhir masa menstruasi ada kemungkinan sel sperma bisa bertahan dan membuahi walaupun kecil kemungkinannya.

Jika suntik KB adalah bukan yang pertama kali, maka sudah ada perlindungan dari kehimilan. Jadi jika sebelumnya berhubungan dan keluar di dalam meskipun tidak sedang haid tetapi kecil kemungkinannya untuk bisa hamil. Berbeda jika memang suntik KB baru pertama kali.

Berhubungan saat haid tanpa pengaman sendiri memang tidak ada efek samping berbahaya, tetapi bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi seperti infeksi saluran kemih ataupun infeksi menular seksual. Berhubungan seks sendiri saat haid memiliki pengaruh seperti bisa memperpendek masa menstruasi, mengurangi kram menstruasi.

Meskipun begitu tidak jarang ada yang merasa tidak nyaman melakukan hubungan seksual saat menstruasi terutama jika sedang deras. Jadi bicarakan pada pasangan jika merasa kurang nyaman melakukan hubungan seksual saat menstruasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)