16 Nov 2020, 18:44Kandungan

Suntik Kb menstruasi menjadi tidak lancar

NH
Info Penanya: NH0
Dok saya mau tanya, saya kan sudah waktunya suntik ke 3. Terus hari itu juga saya haid jadi saya nunda suntik smpai selesai haid. Setelah saya rasa haid sudah selesai. Setelahnya suami saya mau HB malam itu dan keluar didalam. tetapi sebelum itu saya sudah minum pil kb. Ternyata besok nya keluar lagi tapi darah bercampur kecoklatan, tapi tidak terlalu deras. Sbenarnya saya sdh selesai haid apa belum dok. Dan gmn jadi nya itu apa mnyebabkan kehamilan apa tdk? Terimakasih
257 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang NH,Suntik KB adalah metode keluarga berencana yang diberikan dengan cara menyuntikan obat hormonal untuk mencegah kehamilan. Pemberian suntikan bisa dilakukan 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Suntik KB sifatnya hormonal, jadi bisa memberikan beberapa efek samping pada penggunanya seperti:
  • Masalah menstruasi menjadi tidak lancar
  • Perdarahan menstruasi berlebihan atau terjadi perdarahan diluar siklus menstruasi
  • Perdarahan menstruasi menjadi sedikit bahkan bisa tidak haid sama sekali
  • Masalah perubahan mood
  • Peningkatan berat badan
  • Menimbulkan sakit kepala atau payudara menjadi tidak nyaman
Jika menstruasi atau perdarahan terjadi lebih dari 7 hari, sering keluar darah diluar waktu haid, perdarahan setelah berhubungan badan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dipastikan apa penyebabnya. Jika karena efek samping KB suntik, nantinya bisa dicoba untuk mengganti alat KB seperti dengan pil KB, kondom, KB spiral, KB implan atau metode lain sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda dengan juga melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing alat KB. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidpenggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasiperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil