Suntik KB 3 bulan menyebabkan tidak haid?

LW Info Penanya: LW, Wanita, 35 Tahun
Dok saya mau nanya, saya ikut kb suntik yang 3 bulan uda 3 bulan saya blm haid tgl 20 september suntik ulang tp sampe skrg saya blm haid juga apakah saya bisa ganti ikut IUD walaupun saya blm dapet haid dan boleh tidak pemasangan IUD saat tidak haid, mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

KB Suntik merupakan salah satu jenis KB yang sering di gunakan di Indonesia. KB Suntik terbagi menjadi 2 yaitu KB Suntik 3 bulan dan 1 bulan. Kedua jenis KB tersebut sama-sama mengandung KB hormonal. Sehingga menggunakan KB Suntik ini dapat mengakibatkan perubahan hormonal.

Beberapa efek samping penggunaan KB :

  • Mentruasi tidak teratur, bahkan bisa tidak menstruasi sama sekali
  • Wajah berjerawat
  • Penurunan gairah seksual
  • Berisiko osteoporosis
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk kembali subur

Jadi keluhan Anda masih dikatakan normal dan bisa di sebabkan karena penggunaan KB Suntik. Mengenai pertanyaan Anda jika ingin menganti KB dengan IUD, sebaiknya lakukan testpack terlebih dahulu untuk memastikan bahwa terlambat haid Anda bukan karena hamil. Jika Anda sudah testpack dan hasil negatif, Anda bisa melakukan pemasangan IUD dan menstop suntik KB. Jika Anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan organ intim Anda, selalu konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari, istirahat cukup, hindari aktifitas yang terlalu berat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat pil KB adalah mengatasi gangguan siklus haid

9 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

Manfaat pil KB yang utama adalah untuk mencegah kehamilan. Namun alat kontrasepsi ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain. Misalnya, gangguan siklus haid, gejala PMS, migrain, dan banyak lagi.