16 Oct 2021, 14:42Kandungan

Suntik kb 3 bulan baru 4 hari lalu hubungan terputus apa bisa hamil?

AW
Info Penanya: AW0
Siang dok, saya mau bertanya apakah 4 hari setelah suntik kb 3 bulan lanjutan behubungan intim bisa hamil, dan itupun suami senggama terputus(mengeluarkan sperma diluar) mohon penjelasan nya....
427 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,KB dilakukan untuk menunda kehamilan dan salah satu jenis KB yang banyak diminati adalah suntik KB karena memiliki efektifitas mencapai 99% dalam mencegah kehamilan dan juga sangat praktid untuk dilakukan. Disisi lain melakukan hubungan dengan ejakulasi diluar atau sengama terputus, sebenarnya masih memiliki mungkin menyebabkan kehamilan meskipun kecil. Penyebabnya adalah cairan praejakulasi atau cairan pelumas pria yang mengandung sperma dan dikeluaran sepanjang ereksi sehingga bisa masuk ke rahim.

Penggunaan suntik KB

Suntik KB harus dilakukan teratur dan sesuai jadwal agar efektif. Melakukan suntik KB tidak teratur akan menurunkan efektivitas kerja KB dan meningkatkan potensi kehamilan. Selain itu, pada pertama kali suntik KB ada masa tunggu yaitu 7 hari pertama dimana hubungan intim harus dilakukan menggunakan kondom karena hormon dalam KB membutuhkan waktu 5-7 hari untuk dapat efektif bekerja dalam tubuh.Jadi untuk adanya riwayat hubungan terputus sebelum selesai masa tunggu 7 hari pertama, bisa saja ada kemungkinan hamil meskipun kecil. Anda boleh melakukan pemeriksaan testpack atau pemeriksana ke dokter kandungan untuk memastikan ada tidaknya kehamilan dari hubungan tersebut.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
Baca Juga :
Langsung hubungan setelah suntik KBSetelah KB langsung hubungan dan bulan depannya terlambat haid
hubungan seksualpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil