13 Apr 2021, 13:17Kulit & Kelamin

Suntik KB 3 bulan apakah menyebabkan gangguan haid?

AE
Info Penanya: AE0
Selamat siang dok. Aku mau nanya. Kan aku suntik KB bulan 2. Bulan 3 tggl 7 aku haid smpai tggl 10. Dan aku berhenti haid kurang lebih 3 hari. Nah skrng keluar darah lagi tp bnyak dok. Itu darah apa yah dok. Haid apa bukan.
131 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Melakukan KB dengan pilihan KB jenis suntik, memang dapat menyebabkan beberapa efek samping yaitu adanya perubahan pada siklus haid yang dapat menjadi kurang teratur, muncul flek di luar siklus menstruasi, tidak haid, mual muntah, pusing, penurunan gairah seksual, maupun peningkatan napsu makan dan peningkatan berat badan. Jika pada bulan lalu Anda mengalami haid pada tanggal 7 Maret 2021, bukan tidak mungkin pada bulan ini Anda mendapatkan haid pada tanggal 13 April 2021. Artinya siklus Anda teratur namun dengan siklus yang mundur.Pastikan kembali jadwal haid Anda dengan cara mencatatat setiap tanggal haid, siklus Anda akan dapat dihitung dan di urutkan lebih lanjut apakah teratur atau tidak. Namun kembali lagi, ketidak teraturan haid ini dipengaruhi oleh penggunaan KB dan bukan merupakan sesuatu yang tidak normal sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Namun jika perdarahan ternyata tidak juga berhenti atau justru semakin hari semakin banyak, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan asal dari perdarahan tersebut.Salam sehat
dr.Evelin Kwandang
penggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil