Setelah melahirkan memakai KB suntik 3 bulan apakah masih mungkin hamil?

WH Info Penanya: WH, Wanita, 29 Tahun
Hallo dok.. Dok mohon penjelasan terkait pertanyaan saya ... Saya baru selesai nifas tgl 25 juli 20 kemarin dan pda tgl 01 agust 20 saya SUNTIK Kb 3 bulan. Lalu 2 hari setelah itu saya berhubngan seks dengan suami saya tnpa pengaman di karenakan saya tidak tahu klo harus memakai pengaman sperti kondom .. Yang mau sya tnyakan apakah bisa saya hamil kembali dok ? Karena jujur blm siap jika harus hamil dan SC kembali .. Mohon jawaban nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WH.

 

Salah satu metode kontrasepsi hormon adalah KB suntik 3 bulan. Dimana kontrasepsi ini mengandung hormon progestin dan disuntikkan setiap 3 bulan sekali pada bagian tubuh tertentu. Suntik KB 3 bulan memiliki efektivitas sebanyak 99% dalam mencegah kehamilan. KB suntik sangat diminati sebab lebih praktis dan tidak perlu meminum obat setiap hari. 

Terkait dengan pertanyaan Anda, tubuh wanita selepas melahirkan tidak serta merta langsung subur kembali. Butuh sekitar 4-6 minggu bagi tubuh untuk dapat melepaskan sel telur kembali. Pada kondisi sehabis melahirkan dan memberikan asi eksklusif selama 6 bulan akan menghasilkan KB alami sebab hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar air susu yaitu hormon prolaktin akan mencegah terjadinya ovulasi. Jadi Anda tidak perlu khawatir kemungkinan kehamilan seharusnya sangatlah tidak mungkin terjadi. 

Namun dalam penggunaan KB suntik 3 bulan harus didiskusikan kepada dokter kandungan terlebih dahulu ya sebab KB suntik 3 bulan dapat menghambat produksi asi sehingga mempengaruhi kualitas asi juga. 

Jangan lupa untuk tetap menjaga nutrisi yang dimakan karena akan berpengaruh terhadap produksi asi. Hindari stres, makan banyak sayur dan buah, serta pertimbangkan untuk menggunakan jenis KB lain yang tidak mempengaruhi produksi asi ya.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri ASI basi perlu dikenali sebelum diberikan pada bayi

Kenali Ciri-ciri ASI Basi dan Perbedaannya Dari yang Normal

Meski ASI yang terdapat di dalam tubuh ibu tidak bisa kedaluwarsa, lain cerita dengan ASI perah. Karena itu, Ibu perlu mengenali ciri-ciri ASI basi, sebelum memberikannya pada bayi.