27 Feb 2021, 04:27Kandungan

Suntik kb 3 bln kok gak haid?

NK
Info Penanya: NK0
Dok mau tanya,,, aku sebelum suntik kb 3 bulan aku pakai implam tapi selama aku pakai implam haidku nggak teratur terus pas kb udah cukup 3 tahun aku coba ganti ke suntik 3 bulan ehh malah nggak haid sama sekali dok,,, malah sekarang aku sering pusing padahal istirahat udah cukup n kurangi aktivitas lainnya tetep saja pusing dok,,,, Mohon penjelasannya dok, Terima kasih ??
307 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore NKKb suntik maupun Kb implan merupakan alat kontrasepsi (alat Kb) yang mengandung hormonal di dalamnya. Hormon yang terkandung di dalam Kb suntik 3 bulan tersebut adalah hormon prosgestin (hormon mirip progesteron).

Kerja Hormon Progestin (Mirip Progesteron)

Hormon inilah yang bekerja mencegah kehamilan dengan menghambat pembentukan sel telur oleh indung telur sehingga tidak terjadi pembuahan. Selain itu jga hormon ini mempertebal lendir pada leher rahim agar sel sperma sulit untuk masuk ke dalam.Sedangkan haid merupakan proses di keluarkannya sel telur yang mati karena tidak dibuahi yang kemudian luruh bersama lapisan dinding tahim. Karena itu merupakan hal yang wajar bila dalam penggunaan Kb hormonal tidak terjadi haid.

Efek suntik KB 3 Bulan

Selain itu terdapat beberapa efek lainnya yang bisa ditimbulkan oleh Kb suntik 3 bulan tetapi tidak semua wanita mengalami efek yang sama. Efek-efeknya adalah:
  • Gangguan menstruasi
  • Berat badan naik
  • Payudara nyeri atau tidak nyaman
  • Berjerawat
  • Rambut rontok
  • Pusing atau sakit kepala
  • Perubahan mood (mood swing_
  • Hasrat, gairah atau libido turun
Anda tidak khawatir mengenai hal ini. KB suntik juga merupakan alat kontrasepsi yang efektif dalam mencegah kehamilan. Lakukan penyuntikkan secara rutin dan gunakan kondom 1 minggu setelah penyuntikkan bila ingin berhubungan. Obat dalam Kb suntik baru akan bekerja optimal setelah 7 hari masa penyuntikan. Bila anda ingin mengganti alat kontrasepsi lainnya yang tidak menyebkan gangguan menstruasi anda bisa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
siklus haidkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil