Suntik Kb 3 bln, apa efek sampingnya?

S Info Penanya: S, Wanita, 18 Tahun
hallo dok , masa tgl suntik kb saya sdh lepas tgl 23 maret kemaren, sudah selama 1 bln ini saya lepas suntik kb, saya suntik kb ngambil yg 3 bulan , tp tgl 6 mei kemaren keluar flek hitam tapi hanya sehari itu saja, saya juga merasakan kram perut. apakah itu mesntruasi ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

KB suntik merupakan salah satu jenis kontrasepsi hormonal karena mengandung hormon progesteron. KB suntik banyak digunakan oleh kaum wanita karena dinilai mampu mencegah terjadinya kehamilan. Cara kerja KB suntik ini yaitu mencegah pelepasan sel telur dari ovarium dan menebalkan lendir vagina sehingga menyulitkan sperma untuk masuk.

Walaupun begitu, KB suntik memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekurangan KB suntik yaitu menstruasi yang tidak teratur. Terkadang bisa lebih banyak dari biasanya atau terkadang berhenti sama sekali. 

Terkait dengan kondisi yang Anda alami ini, kemungkinan itu merupakan menstruasi. Menstruasi akibat pemakaian KB suntik memang terkadang jadi tidak teratur. Itu hal yang wajar karena pengaruh dari hormon yang terdapat dalam KB. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. 

Jika kram perut masih terasa hingga saat ini, maka Anda bisa bantu dengan kompres air hangat di area perut. Selain itu, bisa juga konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen, konsumsi jahe hangat, kunyit, dan teh hijau. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara alami seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas dapat membantu menghentikan haid yang berkepanjangan

5 Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan, Wanita Wajib Tahu

Periode haid umumnya berlangsung selama 2-7 hari. Jika periode berlangsung lebih lama atau menimbulkan nyeri yang berlebihan, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk membantu memperpendek periode haid seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas yang terbukti mengandung analgesik dan antiperadangan.