17 Sep 2021, 06:33Kandungan

Suntik kb 1 bulan terlambat beberapa hari apakah boleh langsung hubungan ?

MB
Info Penanya: MB0
Pagi dok Saya mau tanya selama 8 thun ini saya pakai suntik kb yg 1 buln haid saya gk lancar nah pas bulan ini saya haid hari pertma sama hri kedua cman flek aja dan dihari ketiga sampai 10 hari haid saya banyak sampai keluar gumbalan2.dan dihari ke 5 haid seharusx kan saya waktux suntik tpi saya tunda sampe haid selesai. setalahx apa boleh langsung berhubungan sex dong??
188 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo M,Suntik KB merupakan salah satu jenis KB hormonal yang terbagi menjadi KB Suntik 1 bulan dan 3 bulan. Keduanya memiliki kandungan yang sama yaitu progesteron yang mencegah kehamilan dengan cara mengentalkan lendir serviks agar sperma kesulitan untuk membuahi sel telur. KB suntik juga dapat mencegah ovulasi sehingga tidak ada sel telur matang yang dikeluarkan dari indung telur serta menipiskan dinding rahim.

Gunakan KB tambahan karena terlambat suntik

Berkaitan dengan pernyataan Anda, KB suntik umumnya akan maksimal bekerja setelah satu minggu dari sejak penyuntikan. Apa lagi jika ada keterlambatan suntik yang menyebabkan efek dari penyuntikan sebelumnya sudah sangat menurun. Untuk itu jika ingin melakukan hubungan seksual satu minggu setelah penyuntikan, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi tambahan seperti kondom.Dengan menggunakan kondom, Anda dapat lebih yakin bahwa tidak ada sperma yang masuk ke dalam rahim, atau jika tidak nyaman menggunakan kondom lakukanlah hubungan terputus atau ejakulasi diluar untuk mencegah resiko terjadinya kehamilan. Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait KB Anda juga dapat melakukan konsultasi ke dokter kandungan terdekat.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
hubungan seksualpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil