Bagaimana penggunaan KB Suntik 1 bulan?

FM Info Penanya: FM
Maaf dok saya mau tanya pada tanggal 2 april seharus nya saya sudah balik suntik yg 1 bulan berhubung saya belum dapat haid saya belum suntik 1 bulan akhirnya tanggal 16 april saya dapat haid bolehkah saya suntik setelah haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore FM, 

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

KB Suntik 1 bulan biasanya mengandung progestogen dan esterogen. Jika dilakukan dengan benar dan sesuai jadwal, metode kontrasepsi KB suntik memiliki efektivitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan, yakni hingga lebih dari 98%.

Cara kerja KB Suntik untuk mencegah pembuahan dengan :

  • Menghentikan ovulasi atau proses pelepasan sel telur dari ovarium setiap bulannya
  • Mengentalkan lendir di leher rahim, sehingga sperma terhalang dan sulit masuk ke rahim untuk membuahi sel telur
  • Membuat lapisan rahim menjadi lebih tipis, sehingga bila ada sel telur yang berhasil dibuahi, sel tersebut tidak akan berkembang karena kondisi rahim tidak mendukung.

Untuk bekerja efektif, KB suntik biasanya diberikan pada 5–7 hari pertama dalam siklus menstruasi. Jika KB suntik digunakan pada saat siklus menstruasi Anda sudah melewati hari ke-7, Anda perlu menggunakan alat kontrasepsi tambahan, seperti kondom atau pil KB. Agar KB suntik aman dan efektif untuk Anda gunakan, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kalau mengidam makanan manis, jangan langsung yakin bahwa Anda sedang hamil bayi perempuan.

Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Sebenarnya Mitos Belaka

Apakah mungkin ibu hamil bisa memprediksi jenis kelamin anaknya melalui gejala yang dirasakan? Namun, apakah prediksi tersebut akurat? Atau hanya mitos? Berikut ini ciri-ciri hamil bayi perempuan yang sebenarnya mitos belaka.