Suntik hormon untuk peninggi badan

A Info Penanya: A, Pria, 1 Tahun
Saya tinggal di Kalbar, punya anak perempuan, umur 16 , tinggi seratus lima puluh cm, bercita-cita masuk TNI, tapi karena pendek, bisakah apabila disuntik hormon??? Berapa kali harus diberi suntik hormon dan intervalnya??? Apa efeknya??? Dokter dan klinik apakah di Jakarta yg bisa melakukan terapi suntik hormon tersebut??? Kira2, berapakah estimasi biayanya??? Terimakasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A.

Tinggi badan merupakan komponen ukuran tubuh manusia yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor genetik atau keturunan, jenis kelamin, ras, aktivitas fisik, asupan nutrisi hingga pola istirahat. Tinggi badan bertambah seiring dengan pertumbuhan tulang. Pada waktu tertentu umumnya pada usia 18 tahun, pada saat lempeng tulang pertumbuhan telah menutup, tinggi badan akan berhenti bertambah. 

Mengenai pertanyaan Anda seputar suntik hormon untuk menambah tinggi badan umumnya hanya dapat dilakukan bagi individu yang mengalami ke gangguan atau hambatan pertumbuhan akibat kondisi medis tertentu.  Dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan dan screening untuk mendeteksi indikasi yang sesuai untuk dilakukannya terapi hormon tersebut. Pasalnya, apabila diberikan tanpa indikasi yang sesuai dapat terjadi gejala kelebihan hormon pertumbuhan.

Adapun beberapa gejala kelebihan hormon yang dapat terjadi pada wanita :

  • gangguan siklus haid
  • produksi air susu walupun tidak menyusui
  • masa pubertas yang terganggu
  • rambut menjadi lebih kasar dan menebal
  • produksi keringat berlebihan
  • dan lain-lainnya

Mengenai anak Anda yang masih tergolong dalam masa pertumbuhan ada baiknya untuk dipetimbangkan menggunakan cara yang alami terlebih dahulu untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Berikut artikel terkait sebagai informasi tambahan. Namun apabila memang inngin memilih jalan penyuntikan hormon tersebut ada baiknya untuk berkonsultasi langsung pada dokter Spesialis Penyakit Dalam yang ahli dalam bidang hormon dan metabolisme tubuh (KEMD). Dokter ahli akan menjelaskan secara detail pertimbangan segi medis baik berupa kelebihan dan kekurangan dari prosedur penyuntikan hormon yang biayanya dapat berkisar dari ratusan hingga jutaan tersebut.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelenjar pituitari terletak di belakang hidung dekat bagian bawah otak

Mengenal Kelenjar Pituitari yang Mengendalikan Beragam Fungsi Tubuh

Kelenjar pituitari disebut sebagai master kelenjar dalam tubuh. Kenali fungsi hingga beragam kondisi yang bisa terjadi pada kelenjar ini.