16 Dec 2020, 17:00Kulit & Kelamin

Benjolan di bawah penis setelah sunat

OK
Info Penanya: OK0
Hallo dok. Umur sya 25 thun. Sy bru selesai sunat 2 minggu yg lalu. Nah sya mau tanya dok, benjolan tepat di bawah penis itu kira-kira berapa lama bru hilang ya dok?
3541 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, OK.Benjolan di bawah penis yang muncul setelah sunat biasanya disebabkan oleh bekas jahitan saat prosedur tersebut. Untuk mengetahui berapa lama benjolan akan menghilang, perlu dipastikan terlebih dahulu jenis benang yang digunakan untuk menjahit. Apabila benang tersebut dapat menyatu dengan kulit, maka secara umum benjolan akan hilang dalam waktu 2-4 minggu. Tetapi, apabila benang tersebut tidak dapat menyatu, maka perlu dilakukan pengangkatan jahitan.Selain karena bekas jahitan, benjolan di bawah penis juga dapat disebabkan oleh kondisi yang tidak berhubungan dengan prosedur sunat, namun kebetulan muncul pada saat yang bersamaan. Beberapa penyebab benjolan di bawah penis adalah:
Untuk saat ini, yang dapat Anda lakukan sementara adalah menghindari memencet atau menekan benjolan, karena dikhawatirkan akan memicu infeksi. Hindari juga penggunaan celana yang ketat karena dapat memicu kelembaban yang berlebihan pada penis, dan memperlambat penyembuhan luka sunat. Tak lupa, tetaplah jaga kebersihan alat kelamin, ya.Apabila benjolan semakin besar atau timbul nyeri, atau tidak menghilang lebih dari satu bulan, konsultasikan keluhan Anda kepada dokter spesialis urologi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, guna diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penyakit kelaminkelamin laki-lakisunat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil