21 Sep 2020, 22:11Infeksi

Sunat, bagaimana perawatan luka setelahnya?

DR
Info Penanya: DR, Wanita, 34 Tahun
malam..mau tanya dok ?anak habis sunat ada kasa yg menempel diatas penisnya ITU lepas sendiri seiring keringnya luka atau dibutuhkan perawat/dokternya untuk melepas ?mohon dijawab ???
1355 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas pertanyaan Anda.Sunat adalah suatu tindakan medis yang bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit luar yang menutupi ujung kepala penis. Sunat atau kerap kali disebut dengan khitan ini tidak hanya dilakukan karena ajaran suatu agama tertentu yang mewajibkan sunat, namun sunat juga memiliki manfaat medis.Proses penyembuhan luka pada dasarnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu proses hemostasis, proses peradangan, proses pembentukan jaringan baru, dan proses penguatan jaringan baru. Begitu juga terhadap luka paska sunat, akan melewati beberapa tahapan tersebut. Selain itu, beberapa faktor seperti kebersihan, status gizi, dan ada atau tidaknya infeksi pada luka juga mempengarhui lama atau cepatnya proses penyembuhan luka.Terkait dengan pertanyaan Anda, adanya kassa kering yang menempel ada bekas luka setelah sunat bisa dilakukan kompres dengan air hangat atau dengan kassa steril yang sudah dibasahi dengan cairan povidone iodine. Umumnya hal ini bisa dilakukan secara mendiri, namun harus tetap memastikan bahwa Anda mencuci tangan dengan sabun dengan langkah yang benar, sebelum melakukan perawatan luka.Namun bila Andar ragu, sebaiknya lakukan pemeriksan ke dokter / klinik terdekat untuk dilakukan menejemen perawatan luka dan diberikan pengobatan untuk meminimalisiri terjadinya infeksi pada luka.

Tips untuk membantu mempercepat penyembuhan luka adalah:

  • Jaga keberihan area luka dan sekitarnya
  • Konsumsi makanan sehat bergizi, perbanyak asupan protein dan buah-buahan
  • Hindari makanan yang memicu timbulnya alergi (bila terdapat riwayat alergi terahdap produk makanan / minuman tertentu)
  • Lakukan perawatan luka dengan baik
Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kesehatan kulitkelamin laki-lakipenyembuhan lukaluka pada dinding suatu organ tubuhsunatbekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil