07 Oct 2021, 20:40Kulit & Kelamin

Apakah membersihkan kelamin dapat mencegah penularan HPV?

H
Info Penanya: H0
Mau tanya untuk penis yang tidak disunat, jika benar2 dibersihkan 2x sehari + setiap kali mau berhubungan, apa bisa 100% membersihkan kelamin dari bakteri, jamur, dan virus (terutama HPV) dan mencegah penularan? Apa sabun sudah efektif untuk membersihkan kelamin dari berbagai jenis penyakit? Note: kondisi tidak phimosis, jadi bisa ditarik dengan mudah untuk pembersihan.
126 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, HTerima kasih atas pertanyaannya. Kelamin yang tidak disunat memang membutuhkan tindakan ekstra dalam menjaga kebersihannya karena cukup banyak risiko penyakit yang dapat muncul ketika tidak terjaga seperti infeksi kepala kelamin, smegma yang mengiritasi kelamin, infeksi saluran kemih, serta meningkatkan risiko penyakit menular seksual ketika memiliki riwayat seks aktif.  HPV adalah infeksi virus papiloma yang menimbulkan gejala berupa kutil kelamin.  HPV termasuk salah satu dari penyakit menular seksual yang terjadi akibat kontak dengan penderitanya. Mencegah penularan penyakit di kelamin memerlukan tindakan yang berkesinambungan.  Artinya jika hanya bergantung dari membersihkan dengan sabun saja maka tentu masih kurang dalam tindakan pencegahan karena untuk penularan penyakit kelamin seperti HPV, HIV, gonore, sifilis, herpes dan lainnya lebih terjadi karena aktivitas seksual yang bebas.  

Cara mencegah tertular penyakit kelamin :

  • Hindari seks bebas dan selalu gunakan kondom. 
  • Membersihkan kelamin dengan benar agar tidak menimbulan lembab berlebih yang menjadi sarana tumbuhnya penyakit. 
  • Lebih sering ganti celana dan gunakan celana yang longgar. 
  • Bersihkan kelamin dan buang air kecil setiap selesai hubungan intim atau aktivitas seksual lainnya. 
  • Perbanyak air putih dan hindari kebiasaan menahan buang air kecil. 
  • Rutin melakukan skrining IMS jika aktif dalam seksual secara bebas. 
Jadi jika ingin bebas dari tertular virus, bakteri dan jamur maka selain jaga kebersihan juga hindari pemicu terjadinya penularan penyakit kelamin.  Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin bila mengalami keluhan pada kelamin.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan seks beresikopenyakit kelaminpenyakit menular seksualkutil kelaminhpv
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil