Sumbatan Saluran Air Mata

HC Info Penanya: HC, Wanita, 2019 Tahun
Selamat pagi dokSy ingin tya, anak sy skrg usia 3 bulan. By sy matanya yg sblh kanan Saluran air mata kehidung msh sumbat dok jd klau menagis air matanya menggenang dimata. Sblmnya sy sdh bawa ke dokter spesialis ktanya kompres dan pijat dgn air hgat dbagian ujung dkt hidung. Tp skrg yg sy khawtirkan Pandangan matanya kadang msh kurang pas dok, maf kata terlihat seperti juling. Tp itu kdang sja, paling sering jika melihat tangannya sendri dan melihat botol susu saat dia menyusu dlm posisi tidur. Jika melihat orang pandanganya pas dok. Dok apakh pandanganya seperti ini bahanya atau tidak, soalnya sy bru tau jika pndgan bayi sy kdang tdk pas. By sy jg jika tdur matanya kdang agak terbuka, bahanya atau tidak ya dok. Dan apakh semua ini ada hubunganya dgn msh tersumbatnya saluran air matanya. Mohon pnjelsanya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, ibu HC

 

Pada kebanyakan bayi, sumbatan itu akan hilang dengan sendirinya bersamaan dengan makin matangnya saluran pengeluaran air mata. Ada beberapa bayi yang lahir dengan sedikit lapisan yang menutup saluran air matanya dan akan membuka dengan sendirinya setelah usia 1 tahun.

Sebagai pertolongan awal memang dengan memberikan pijatan lembut 2x sehari pada ujung bawah mata dekat hidung selama beberapa detik saja. Jangan lupa cuci tangan sebelum melakukannya. 

Bila ada tanda infeksi seperti mata merah atau air mata kelihatan lengket maka sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Anak. Untuk masalah penglihatannya, kalau ibu khawatir ada gangguan penglihatan dapat konsultasi dengan Dokter Spesialis Mata dengan keahlian tambahan pada pasien bayi.

 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Risiko mata kering pada lansia dapat diatasi dengan mengonsumsi sayur dan buah 5-9 takaran per hari

Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi Mata Kering pada Lansia

Mata kering dan berbagai gangguan mata lain dapat terjadi pada lansia. Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, berhenti merokok, dan rutin menjalani pengecekan mata.