10 Dec 2020, 04:16Penyakit Lainnya

Sulit tidur, bagaimana solusinya?

Z2
Info Penanya: Z20
Dok 1mnggu belakangan ini saya sulit tidur, mungkin kseringan begadang, nah d sini saya mau menanyakan apa dampak efek kedepan nya dan bagaimana cara mengatasi nya, trus saya juga pengen tiidur saya seperti orng normal. Terima kasih dok
335 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, ZD.Tidur adalah proses ketika tubuh melakukan pembaharuan dan perbaikan terhadap sel-sel yang rusak. Meskipun saat tidur manusia tidak sadar apa yang sedang berlangsung, namun sesungguhnya organ-organ tubuh sedang bekerja, mulai dari jantung, usus, paru-paru, dan lain-lain. Dan, pekerjaan yang organ tubuh lakukan pada saat tidur berbeda dengan pada saat bangun.Beberapa hal yang terjadi saat tidur adalah:
  • pembentukan beberapa jenis hormon, misalnya hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang
  • pembakaran lemak tubuh
  • penyimpanan memori jangka panjang
  • detoksifikasi (pembuangan racun tubuh)
Idealnya, agar seluruh proses berlangsung dengan baik, dibutuhkan tidur selama 7-9 jam pada malam hari. Disarankan untuk memulai tidur selambat-lambatnya pukul sepuluh malam, mengingat proses ini sesuai dengan jam biologis tubuh agar dapat berlangsung dengan baik.Apabila tidur tidak cukup, dalam jangka pendek tentunya seseorang akan lebih cepat marah dan merasa lemas pada keesokan harinya. Dalam jangka panjang, orang tersebut akan lebih mudah terserang penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, dan lain-lain.Oleh karena itu, cobalah beberapa hal agar Anda lebih mudah tidur, guna mengurangi risiko yang tidak diinginkan ke depannya:
  • usahakan terkena matahari pada pagi dan siang hari
  • mengurangi penggunaan komputer dan telepon genggam sejak jam delapan malam
  • tidak makan lebih dari jam delapan malam
  • mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium, misalnya pisang
  • memastikan kamar tidur nyaman, seperti tempat tidur, suhu ruangan, kelembaban ruangan, dan lain-lain
  • memastikan lingkungan tidak berisik (atau dapat menggunakan tutup telinga apabila diperlukan)
  • menggunakan aromaterapi ruangan yang menenangkan, misalnya lavender
Apabila dengan cara-cara tersebut tidak berhasil, dan Anda sudah kesulitan tidur selama lebih dari tiga bulan, berkonsultasilah kepada psikiater. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr Sylvia
gangguan tidurmasalah tidurmanfaat tidur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil