Sulit untuk mengontrol tubuh

EB Info Penanya: EB, Pria, 19 Tahun
Hallo dok,,sy mau konsultasi,ketika sy ingin bergerak atau ingin berjalan,,kenapa kaki tangan dan mulut sulit untuk dikontrol ya,bahkan bergerak sndiri,terutama tangan dan kaki,seperti seseorang yg terkena stroke atau epilepsi.itu terjadi tiba tiba,terutama saat sadar bahwa itu akan terjadi,namun jika lupa, itu jarang munculJika sudah terjadi badan sulit untuk dikontrol,,bahkan tangan seperti orang terkena stroke, itu terjadi berkisar 3-7 detik dok. Sehari bisa terjadi lebih dri 10x dok.tanks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore EB,

Keluhan yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh gangguan kecemasan, gangguan di motoriknya, atau persarafannya memang yang terganggu.

Sebaiknya bila hal tersebut terasa akan terjadi, segera atur napas dengan cara tarik napas dalam-dalam, dan hembuskan secara perlahan, coba tenangkan pikiran dan berpikir positif, alihkan perhatian ke hal-hal lainnya, usahakan duduk dulu sampai suasana hati kembali tenang.

Bila hal ini berlangsung terus dan semakin sering, ada jantung berdebar, gelisah, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis saraf atau psikiater bila Anda memang sedang ada masalah.

Usahakan cari kegiatan atau kesibukan lain untuk mengalihkan beban masalah yang ada, atau coba lebih terbuka dengan orang lain dan berbagi cerita sehingga perasaan lebih longgar dan mengurangi sedikit beban.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang yang paranoid sulit percaya dengan orang lain, dan cenderung sering marah-marah.

Sering “Parno” Bisa Menandakan Gangguan Kepribadian Paranoid

Orang yang sering curiga terhadap orang lain, ternyata bisa saja mengalami gangguan kepribadian paranoid. Apalagi, jika orang tersebut juga sering marah-marah pada orang lain.