24 May 2021, 22:29Psikologi

Sulit tidur apa penyebabnya?

MM
Info Penanya: MM, Wanita, 22 Tahun
dokter, saya mau tanya. saya memiliki insom. awalnya hnya insom biasa paling tlat tidur paling jam 3,saya begadang karena tugas kuliah atau marathon film. tp 1 th blkangan ini makin parah saya bisa tidur stlah subuh skitar jam 5/6. telinga kdg berdenging, tdak nafsu makan, tidak memiliki gairah mlkukan apun, sering tidur/melamun, mndengar detak jantung dan nadi aneh bgt itu nadi si, sering merasa gempa pdhl tdk. sering hampir pingsan, gjla itu muncul stlh ibu mnggal. itu knapa dok? terimakasih.
154 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam MM,Sulit tidur bisa dialami siapa saja terlebih orang dewasa yang memiliki banyak masalah. Tentunya gangguan tidur ini akan menyebabkan seseorang menjadi kurang tidur dan mengganggu aktivitas keesokan harinya. Jika hal ini berlangsung terus menerus tentu akan mengganggu kesehatan tubuh.

Penyebab sulit tidur:

  • Kebiasaan bergadang. Terlebih kondisi bermain HP akan membuat mata terjaga dan sulit tidur.
  • GERD. Asam lambung yang naik ke dada akan menimbulkan rasa panas di dada dan napas menjadi susah sehingga akan sulit tidur.
  • Banyak pikiran atau sedang stres.
  • Kebiasaan mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak.
Perihal kondisi Anda yang mengalami susah tidur kemudian mengalami gangguan konsentrasi, tidak napsu makan, mudah tertidur, hilang gairah hidup tentu sudah menjadi tanda-tanda awal adanya depresi. Hal ini diperberat oleh kondisi ibu Anda yang meninggal. Rasa kesedihan tentu akan membuat Anda semakin sulit tidur.

Tips agar mudah tidur:

  • Lakukan kegiatan yang menyenangkan.
  • Minum susu hangat sebelum tidur.
  • Lakukan meditasi untuk menenangkan pikiran.
  • Berbagi cerita dengan orang yang Anda percayai untuk sedikit meringankan beban Anda.
  • Hindari kebiasaan menatap HP atau TV 1 jam sebelum tidur. Anda bisa mengganti kebiasaan bermain HP dengan membaca buku.
Jika keluhan sudah dialami selama 1 tahun dan sudah semakin parah serta ada tanda-tanda depresi maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke psikiater agar masalah Anda tidak semakin berlarut-larut.Salam sehat,dr. Vina
gangguan tidurkurang tidurdepresi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil