Sulit tidur setelah mengalami flu berat?

K Info Penanya: K, Wanita, 2019 Tahun
Assalamualikum, dokter. Saya ingin bertanya, umur ibu saya 46 tahun, sebelumnya ibu saya kenak sakit flu berat, sudah berobat, tetapi setelah itu tidak bisa tidur sekitar dua minggu. Kalau seperti itu, apa penyebabnya dok, dan bagaimana cara mengatasinya.Trims sebelumnya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam K,

Terimakasih sudah bertanya di SehatQ.

Kesulitan tidur atau secara medis disebut insomnia, adalah gangguan tidur yang mencangkup gangguan untuk memulai tidur, gangguan untuk mempertahankan tidur dalam durasi yang lama yang ditandai dengan sering terbangun saat tidur dan sulit untuk tidur kembali, atau gangguan kualitas tidur, yang mana hal ini menyebabkan gangguan pada siang harinya seperti kelelahan pada siang hari, atau rasa cemas akibat kurang tidur.

Hal yang dapat menyebabkan insomnia seperti penjelasan diatas dapat dikelompokan lagi menjadi :

  1. Insomnia Primer, yaitu insomnia yang tidak berhubungan dengan kondisi medis, kejiwaan, atau lingkungan seseorang termasuk tidak dalam pengaruh obat obatan atau penyakit tertentu. Insomnia primer ini menimbulkan pengaruh atau perburukan pada fungsi sosial, kerja atau fungsi lingkungan lain.  Gejala paling sering berupa sulitnya memulai atau mempertahankan, atau kesulitan untuk kembali tidur setelah terbangun dari tidur, setidaknya selama 1 bulan. 
  2. Insomnia akibat penyakit gangguan kejiwaan, seperti depresi yang paling sering berhubungan dengan bangun awal pada malam/pagi hari dan kesulitan kembali ke tidurnya. Gangguan rasa cemas juga dapat menyebabkan insomnia baik untuk mempertahankan tidur, atau kualitas tidur yang buruk. penyakit kejiwaan lain seperti bipolar atau Schizophrenia juga dapat menyebabkan insomnia.
  3. Insomnia akibat penyakit medis lain, seperti pada kasus nyeri kronis, penyakit paru kronis, pasien yang menderita penyakit prostat (karena buang air kecil malam hari yang sering), gangguan neurologis seperti : parkinson, nyeri kepala, dan lain lain. 
  4. Insomnia akibat obat obat tertentu atau penyalahgunaan obat. Biasanya insomnia seperti ini disebabkan oleh karena penggunaan atau penyalahgunaan alkohol, obat obat yang memiliki efek sedatif/hipnotis, dan lain lain.

Berdasarkan pemaparan Anda, ibu Anda menderita flu berat sebelum mengalami keluhan kesulitan tidur. Flu berat tersebut juga harus dianalisa apa penyebabnya, dan bagaimana maksud Anda dengan keluhan flu berat. Bisa saja flu berat tersebut membuat ibu Anda mengalami sesak napas berat atau mengalami rasa gelisah akibat penyakit yang beliau derita. Atau bahkan obat obatan yang beliau konsumsi menimbulkan kesulitan tidur. Hal tersebut tentunya dapat memengaruhi kualitas tidur ibu Anda. Ada baiknya Anda memeriksakan ibu Anda ke dokter. Ada beberapa alat diagnosis dan kriteria diagnosis untuk menentukan penyebab keluhan yang ibu Anda derita. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

Untuk mengurangi keluhan sulit tidur, beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain 

  1. Hindari pemikiran yang berlebih atau khawatir yang berlebihan terhadap kesulitan untuk tidur.
  2. Hanya pergi ke tempat tidur bila mengantuk.
  3. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan aktivitas seksual (jangan nonton tv, makan, atau minum di tempat tidur)
  4. Kurangi tidur di siang hari
  5. Bila dalam 15-20 menit tidak dapat tidur, usahakan keluar dari tempat tidur, dan lakukan kegiatan yang dapat merelaksasi Anda hingga Anda mengantuk.
  6. Kurangi mengonsumsi munuman berkafein di sore atau malam hari.
  7. Kurangi mengonsumsi makanan porsi besar sebelum tidur
  8. jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi.
  9. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol atau mengkonsumsi zat zat terlarang yang tidak diindikasikan
  10. tidak sembarang meminum obat obatan yang tidak dianjurkan dokter
  11. Olahraga teratur

Jika keluhan Anda tidak membaik atau mengalami perburukan seperti mengalami sesak napas yang berat, kesulitan tidur menyebabkan kesulitan beraktivitas normal di siang hari, kesulitan tidur membuat berpikiran untuk mencelakai diri sendiri, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Anda juga dapat membaca artikel berikut mengenai Insomnia : Gejala, penyebab, dan cara mengatasinya.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sandy  

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penelitian membuktikan, manfaat tidur bisa membuat Anda memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang baik.

Manfaat Tidur untuk Selesaikan Masalah, Bagaimana Penjelasan Ilmiahnya?

Ternyata, tidur untuk menyelesaikan masalah bukan sekadar omongan belaka. Terdapat penjelasan ilmiah yang membuktikan, tidur dapat membantu Anda menyelesaikan masalah di pagi harinya.