sulit tidur merasa lemas takut kelar tidak nafsu makan disertai mood yang berantakan

Z Info Penanya: Z, Pria, 21 Tahun
Dokter, saya mau bertanya. Saya sudah sebulan ini susah tidur, tidur selalu dari jam 6 subuh lalu terbangun jam 10 an, siangnya saya merasa sangat lemas, padahal sebelumnya tidak seburuk itu, memang sudah 3 tahun ini saya susah tidur, namun paling telat jam 3 atau 4 sudah bisa tertidur. Lalu saya takut keluar rumah, saya takut bertemu orang yang saya kenal, saya tidak bisa bertatapan dengan orang, saya risih jika dilihat oleh orang lain. Nasfsu makan saya kadang berlebih, kadang makan sedikit mual, mood saya sering berantakan karena hal kecil, saya sulit menjalin hubungan dengan orang lain, orang orang sering tanya kenapa saya melamun tapi saya kadang tidak menyadarinya, saya kadang merasa asing ditengah keramaian orang sampai rasanya pengen terjatuh. Akhir2 ini kuping saya sering berdenging. Saya takut berinteraksi dengan orang yang saya kenal. Saya sering berpikir cara untuk bunuh diri ketika sendiri terdiam, saya sering berfikir untuk melakukan sesuatu yang negatif untuk menghilangkan rasa cemas saya. Untuk sekedar beli makan pun saya lebih memilih pesan antar karena takut sekali bertemu orang yang saya kenal, kalau tidak saya akan menunggu larut malam untuk menghindari hal tersebut. Saya sering menyembunyikan wajah saya menggunakan masker, banyak diantara teman saya yang bertanya kenapa saya pakai itu dari awal masuk kuliah, selama tiga tahun itu saya pakai cuma karena saya menghindari untuk melakukan percakapan dengan orang lain.Saya tidak ingin melakukan self diagnostic, tapi apakah saya butuh pertolongan? Saya merasa ada yang salah dengan diri saya, bahkan saya tidak mengenali diri saya sendiri. Sudah beberapa orang yang mencoba untuk membantu saya, tapi mereka mungkin tidak paham dengan apa yang saya maksud. Jika tidak tertawa karena kadang omongan saya melantur, mereka membandingkannya dengan kehidupan mereka, saya tau setiap orang memiliki masalah masing masing, tapi itu sulit ketika saya hanya ingin di dengar dan dibantu untuk mencoba keluar dari masalah saya. Mohon maaf saya terlalu panjang lebar, tapi saya mohon bantuannya. Terimakasih sebelumnya, dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Z

Gejala sulit tidur, merasa lemas, takut keluar, tidak nafsu makan disertai mood yang berubah di ikuti keinginan untuk bunuh diri menunjukkan anda berada pada gangguan depresi mayor, gangguan ini dapat terjadi akibat beberapa faktor resiko seperti stress pekerjaan, faktor lingkungan, riwayat trauma dan tindak kekerasan, gangguan finansial, memiliki penyakit kronik seperti kanker dan beberapa tidak diketahui penyebabnya.

Gejala depresi yang anda miliki termasuk berat karena sudah ada keinginan untuk bunuh diri. Sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan (Sp.KJ) atau psikiater. 

Biasanya pada pasien dengan gangguan depresi akan diberikan beberapa jenis obat antidepresan yang dapat membantu perubahan mood, membangkitkan harapan dan semangat, mencegah dan menghilangkan gejala halusinasi. Pada beberapa kondisi juga di kombinasikan dengan agen antipsikotik lain. 

Selain pemberian obat anda juga akan harus mengikuti terapi mental kognitif dan psikoterapi dengan dokter spesialis jiwa. 

Anda juga perlu melakukakan olahraga, dengan melatih tubuh telah banyak bukti mampu memperbaiki gejala depresi secara signifikan. Upaya lain yang harus dilakukan di rumah adalah hindari beban kerja yang berlebih, hindari rokok dan alkohol, temukan hobi baru yang menyenangkan, curahkan perasaan anda dengan pasangan hidup atau orang terdekat. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan stres akut dapat diatasi dengan bermain alat musik, berkebun, melukis, ataupun menulis

Daftar Hobi yang Positif untuk Menjaga Diri dari Gangguan Mental

Anda mungkin mengira, bahwa hobi hanyalah kegiatan untuk mencari rasa senang. Lebih dari itu, hobi yang positif ternyata dapat membantu menjaga kesehatan mental Anda, serta memulihkan dari gejala gangguan mental. Berikut ini daftar hobi yang bermanfaat untuk kondisi psikologis Anda.