sulit tidur di malam hari setelah biasa bekerja shift malam

AR Info Penanya: AR, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, saya perempuan umur 17 th..saya mengalami sulit tidur dimalam hari, dan semakin parah setelah saya bekerja di RS yg mengharuskan saya shift malam. Saya sangat terganggu dan pola tidur saya menjadi berantakan..sulit sekali kembali normal, pernah coba pakai antihistamin juga tidak bisa dan jgn sampai hrs bergantung dg obat tidur atau antidepresan.. Pdhl saya juga tidak konsumsi alkohol, kopi atau teh..bagaimana cara mengembalikan kenormalan pola tidur saya? Terimakasih dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AR

Kondisi sulit tidur atau insomnia dapat terjadi akibat perubahan pola tidur khususnya pada yang terbiasa bekerja di malam hari, selain itu dapat terjadi jika memiliki penyakit penyerta lain . kurangnya tidur sendiri akan membuat tubuh lemas, kurang energi dan semangat serta mampu membawa pasien menjadi depresi. 

Untuk mengatasi sulit tidur tersebut saran yang bisa dilakukan adalah hindari tidur pada saat siang hari, hindari konsumsi kopi, rokok dan alkohol. Selain itu anda juga dapat melakukan olahraga sekiat 6-7 jam sebelum tidur hal itu dapat membuat tubuh lebih cepat untuk tidur nyenyak. 

Gangguan tidur juga dapat terjadi pada kondisi terkait beberapa penyakit seperti gagal hati, gangguan ginjal, tekanan darah tinggi dan gagal jantung. Jika memang terdapat penyakit penyerta sebaiknya di obati dahulu. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penelitian membuktikan, manfaat tidur bisa membuat Anda memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang baik.

Manfaat Tidur untuk Selesaikan Masalah, Bagaimana Penjelasan Ilmiahnya?

Ternyata, tidur untuk menyelesaikan masalah bukan sekadar omongan belaka. Terdapat penjelasan ilmiah yang membuktikan, tidur dapat membantu Anda menyelesaikan masalah di pagi harinya.