Sering ketakutan berlebihan dan cemas, apa penyebabnya?

WH Info Penanya: WH, Pria, 20 Tahun
Dok saya mau bertanya ,saya sulit tidur sering merasakan ketakutan berlebihan,dan merasakan tenggorokan penuh semua serta sulit bernapas ,apa Sebernya penyakit saya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, W

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Rasa cemas merupakan kondisi yang wajar dialami setiap orang terlebih saat sedang memikirkan sesuatu atau mendapatkan kabar yang kurang menyenangkan. Namun, umumnya kecemasan ini bisa membaik dan segera teratasi. Bagi beberapa orang dengan gangguan kecemasan, rasa cemas sering kali muncul tanpa sebab yang jelas hingga menggangu kehidupan pribadi, aktifitas sehari-hari dan juga kehidupan sosial.

Salah satu jenis gangguan kecemasan yaitu gangguan kecemasan umum. Kondisi ini terjadi rasa cemas, khawatir, ketakutan yang berelbihan dan dirasakan dalam kurun waktu selama 6 bulan. 

Adapun gejala penyerta lainnya pada gangguan kecemasan umum adalah:

  • Gangguan tidur (sulit tidur)
  • Rasa khawatir yang berlebihan
  • Berdebar-debar
  • Keringat dingin
  • Nyeri otot atau otot terasa tegang dan kaku
  • Sulit berkonsentrasi

Terkait dengan keluhan Anda rasa cemas berlebihan juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Kondisi asam lambung yang berlebihan dan naik ke kerongkongan disebut dengan GERD. Beberapa gejala dari GERD adalah rasa tidak nyaman pada tenggorokan, rasa asam pada mulut, rasa panas terbakar pada area dada, mual dan atau muntah.

Untuk itu, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan. Beberapa saran yang bisa Anda lakukan saat ini adalah hindari stres, berusaha bercerita dengan orang terdekat bila terdapat masalah, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Macam-macam gangguan kecemasan

Mengenal Macam-macam Gangguan Kecemasan yang Wajib Anda Ketahui

Macam-macam gangguan kecemasan perlu Anda ketahui sebagai langkah deteksii dini sebelum pergi ke ahlinya. Mulai dari GAD, OCD, hingga fobia harus segera diatasi.