Sulit tidur dan penyebabnya

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya.saya mengalami gelisa, pikiran saya agak melayang dan susah tidur.saya menguap tapi tidak bisa tidur.itu gejala dari penyakit apa dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Y,

Kesulitan tidur atau secara medis disebut insomnia, dapat disebabkan oleh beberapa hal, baik itu disebabkan secara psikologis, ada penyakit organik yang menyebabkan insomnia (ada kelainan fisik yang menyebabkan insomnia), lingkungan, atau bahkan obat obatan tertentu dapat menyebabkan terjadinya insomnia.

Insomnia sendiri mencangkup gangguan untuk memulai tidur, gangguan untuk mempertahankan tidur dalam durasi yang lama yang ditandai dengan sering terbangun saat tidur dan sulit untuk tidur kembali, atau gangguan kualitas tidur, yang mana hal ini menyebabkan gangguan pada siang harinya seperti kelelahan pada siang hari, atau rasa cemas akibat kurang tidur.

Hal yang dapat menyebabkan insomnia seperti penjelasan diatas dapat dikelompokan lagi menjadi :

  1. Insomnia Primer, yaitu insomnia yang tidak berhubungan dengan kondisi medis, kejiwaan, atau lingkungan seseorangtermasuk tidak dalam pengaruh obat obatan atau penyakit tertentu. Insomnia primer ini menimbulkan pengaruh atau perburukan pada fungsi sosial, kerja atau fungsi lingkungan lain.  Gejala paling sering berupa sulitnya memulai atau mempertahankan, atau kesulitan untuk kembali tidur setelah terbangun dari tidur, setidaknya selama 1 bulan. 
  2. Insomnia akibat penyakit gangguan kejiwaan, seperti depresi yang paling sering berhubungan dengan bangun awal pada malam/pagi hari dan kesulitan kembali ke tidurnya. Gangguan rasa cemas juga dapat menyebabkan insomnia baik untuk mempertahankan tidur, atau kualitas tidur yang buruk. penyakit kejiwaan lain seperti bipolar atau Schizophrenia juga dapat menyebabkan insomnia.
  3. Insomnia akibat penyakit medis lain, seperti pada kasus nyeri kronis, penyakit paru kronis, pasien yang menderita penyakit prostat (karena buang air kecil malam hari yang sering), gangguan neurologis seperti : parkinson, nyeri kepala, dan lain lain. 
  4. Insomnia akibat obat obat tertentu atau penyalahgunaan obat. Biasanya insomnia seperti ini disebabkan oleh karena penggunaan atau penyalahgunaan alkohol, obat obat yang memiliki efek sedatif/hipnotis, dan lain lain.
  5. dan lain lain

Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, disarankan agar memeriksakan diri ke dokter umum atau ke dokter spesialis kejiwaan agar dapat diwawancarai lebih lanjut mengenai keluhan Anda dan juga dapat dilakukan pemeriksaan langsung pada keluhan sulit tidur Anda. Ada beberapa alat dan kriteria diagnosis untuk menentukan penyebab keluhan yang Anda derita. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda.

untuk mengurangi keluhan sulit tidur pada Anda beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain 

  1. Hindari pemikiran yang berlebih atau khawatir yang berlebihan terhadap kesulitan Anda untuk tidur.
  2. Hanya pergi ke tempat tidur bila Anda mengantuk.
  3. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan aktivitas seksual Anda (jangan nonton tv, makan, atau minum di tempat tidur)
  4. Kurangi tidur di siang hari
  5. Bila dalam 15-20 menit tidak dapat tidur, usahakan keluar dari tempat tidur, dan lakukan kegiatan yang dapat merelaksasi Anda hingga Anda mengantuk.
  6. Kurangi mengonsumsi munuman berkafein di sore atau malam hari.
  7. Kurangi mengonsumsi makanan porsi besar sebelum tidur
  8. jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi.
  9. Tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol atau mengkonsumsi zat zat terlarang yang tidak diindikasikan
  10. tidak sembarang meminum obat obatan yang tidak dianjurkan dokter
  11. Olahraga teratur

Jika keluhan Anda tidak membaik atau mengalami perburukan seperti mengalami sesak napas yang berat, kesulitan tidur menyebabkan Anda kesulitan beraktivitas normal di siang hari, kesulitan tidur membuat Anda berpikiran untuk mencelakai diri Anda, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sandy Aditya Pradana 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jenis-jenis makanan yang dapat membantu tidur nyenyak

Susah Tidur? Coba 7 Makanan Ini untuk Membantu Tidur Nyenyak

Anda suka ngemil atau merasa lapar di tengah malam? Cobalah 7 makanan yang membantu tidur nyenyak berikut ini, agar berat badan Anda tetap ideal.