sulit tidur dan merasa sedang diawasi

SH Info Penanya: SH, Wanita, 19 Tahun
Dok saya ingin bertanya, teman saya mengalami sulit tidur jika ada orang lain di sekitarnya. Dia merasa sedang diawasi katanya kalau ada orang lain, padahal orang lain itu memperhatikan dia saja tidak. Disebabkan oleh apa gangguan semacam itu ? Apakah bisa ditangani ? Soalnya dia nanti kan berkeluarga juga harus tidur dengan istrinya. Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SH

Gangguan sulit tidur disertai rasa curiga dapat menjadi tanda masalah mental jiwa seperti depresi, gangguan mental paranoid dan skizofrenia. 

Gangguan paranoid yang dialami dapat disebabkan beberapa hal seperti stress berlebih akibat lingkungan dan pekerjaan, pengalaman mendapatkan trauma, riwayat dalam keluaga dengan gangguan jiwa seperti skizofrenia. Selain itu beberapa kondisi lain yang juga membuat keluhan seperti itu adalah efek penyalahgunaan obat obatan Narkoba. 

Untuk memperbaiki keluhan tersebut saya sarankan agar melakukan aktivitas fisik olahraga, hindari pekerjaan yang membuat stress dan tekanan dalam jiwa, berbagi cerita dengan pasangan atau orang terdekat, hindari rokok dan alkohol.

Segera berkonsultasi dengan dokter spesialis jiwa/ psikiater karena perlu evaluasi penyebab gangguan paranoid yang dialami. Beberapa tatalaksana yang diberikan biasanya adalah obat antidepresan, antianxietasa dan antipsikotik serta terapi kognitif mental psikoterapi juga sering dilakukan.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

1 dari 8 wanita merasa depresi sepanjang hidupnya dan dua kali lebih rentan terkena depresi daripada pria

Ciri-Ciri Depresi pada Wanita, Benarkah Kaum Hawa Lebih Rentan?

National Alliance of Mental Illness telah merilis survey bahwa 1 dari 8 wanita merasakan depresi, dua kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Depresi adalah penyakit mental yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan hingga rasa ingin mengakhiri hidup.