Sulit tidur dan insomnia

SP Info Penanya: SP, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya, kenapa saya sulit sekali untuk tidur? Saya memejamkan mata dari jam 10 hingga pagi tetap saja tidak bisa tidur. Dan sekitar jam 6 pagi baru saya mengantuk. Kadang juga saya berasa tidur tapi ga tidur gitu, saya bingung harus gimana, mohon bantuannya. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SP

Insomnia adalah suatu kelainan tidur yang digambarkan sebagai sulit untuk mulai tidur dan/atau tetapi tidur. Gejalanya diantara lain :

- sulit mulai tidur

- sering bangun di malam hari dan kemudian tidak bisa tidur kembali

- bangun terlalu pagi

- merasa lelah saat bangun tidur

 

Beberapa penyebabnya antara lain :

- stres hidup (misalnya hilang pekerjaan, putus hubungan, meninggalnya anggota keluarga)

- kondisi penyakit

- keadaan lingkungan (bising, cahaya terang, suhu terlalu dingin atau panas)

- efek obat-obatan

- perubahan jadwal tidur (misalnya jet lag atau kerja shift malam)

- depresi dan/atau gangguan cemas

- stres jangka panjang

- nyeri di malam hari

 

Beberapa tips untuk mengatasi insomnia :

- tidur dan bangun pada jam yang sama, hindari tidur siang karena mengurangi kantuk di malam harinya

- hindari penggunaan gadget yang memancarkan cahaya terlalu lama sebelum anda tidur

- hindari kafein, nikotin dan alkohol di malam hari

- olahraga rutin di sore hari, hindari olahraga 3-4 jam sebelum tidur

- jangan makan berat sebelum tidur, sedikit cemilan kadang membantu kita tidur

- suasana kamar tidur senyaman mungkin. Cukup gelap, tenang dan suhu udaranya sesuai keinginan anda.

- buat rutinitas sebelum tidur, misalnya baca buku, mendengarkan musik atau mandi.

 

Bila ada keraguan, anda bisa konsultasi langsung dengan dokter. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi buah kiwi dapat dijadikan cara tidur nyenyak

Coba 11 Makanan Ini Sebagai Cara Tidur Nyenyak!

Insomnia bukanlah hal yang menyenangkan dan membuat Anda lelah di siang hari akibat menurunnya kualitas tidur. Salah satu cara tidur nyenyak adalah mengonsumsi makanan yang tepat seperti kiwi dan selada.