Sulit tidur dan insomnia

SP Info Penanya: SP, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya, kenapa saya sulit sekali untuk tidur? Saya memejamkan mata dari jam 10 hingga pagi tetap saja tidak bisa tidur. Dan sekitar jam 6 pagi baru saya mengantuk. Kadang juga saya berasa tidur tapi ga tidur gitu, saya bingung harus gimana, mohon bantuannya. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SP

Insomnia adalah suatu kelainan tidur yang digambarkan sebagai sulit untuk mulai tidur dan/atau tetapi tidur. Gejalanya diantara lain :

- sulit mulai tidur

- sering bangun di malam hari dan kemudian tidak bisa tidur kembali

- bangun terlalu pagi

- merasa lelah saat bangun tidur

 

Beberapa penyebabnya antara lain :

- stres hidup (misalnya hilang pekerjaan, putus hubungan, meninggalnya anggota keluarga)

- kondisi penyakit

- keadaan lingkungan (bising, cahaya terang, suhu terlalu dingin atau panas)

- efek obat-obatan

- perubahan jadwal tidur (misalnya jet lag atau kerja shift malam)

- depresi dan/atau gangguan cemas

- stres jangka panjang

- nyeri di malam hari

 

Beberapa tips untuk mengatasi insomnia :

- tidur dan bangun pada jam yang sama, hindari tidur siang karena mengurangi kantuk di malam harinya

- hindari penggunaan gadget yang memancarkan cahaya terlalu lama sebelum anda tidur

- hindari kafein, nikotin dan alkohol di malam hari

- olahraga rutin di sore hari, hindari olahraga 3-4 jam sebelum tidur

- jangan makan berat sebelum tidur, sedikit cemilan kadang membantu kita tidur

- suasana kamar tidur senyaman mungkin. Cukup gelap, tenang dan suhu udaranya sesuai keinginan anda.

- buat rutinitas sebelum tidur, misalnya baca buku, mendengarkan musik atau mandi.

 

Bila ada keraguan, anda bisa konsultasi langsung dengan dokter. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menghindari tidur di sofa dapat menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur

4 Cara Mengatasi Susah Tidur Berikut Sangat Efektif untuk Dicoba

Tidur merupakan proses penting yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kesulitan tidur merupakan hal yang umum terjadi. Ada beberapa cara mengatasi susah tidur agar lebih mudah terlelap. Anda bisa berlatih napas sebelum tidur agar tubuh dan pikiran lebih santai. Anda juga bisa berolahraga agar tidur malam semakin nyenyak.