Adakah pengaruh dua produk ini kepada keluhan saya?

YS Info Penanya: YS, Wanita, 26 Tahun
Maau tanya dok, apakah ada pengaruh minum adem sari dicampur lasegar memberi efek sulit membuka mulut dan mengunyah makanan sampai sulit bisa berjalan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YS.

Adem Sari adalah serbuk yang diperuntukkan untuk meredakan gejala 'panas dalam', seperti bibir pecah-pecah, sariawan, atau tenggorokan yang kering. Produk ini mengandung ekstrak beberapa herbal dan vitamin C. Selain itu, terdapat pemanis tambahan yaitu sukrosa. 

Sedangkan Lasegar adalah produk cair yang mengandung mineral alami. Sama seperti Adem Sari, Lasegar juga diperuntukkan untuk meredakan gejala-gejala yang sama. Selain itu, lasegar juga dipercaya mampu menyegarkan badan dan memperlancar buang air besar. 

Terkait pertanyaan Anda, sampai saat ini belum pernah dilakukan penelitian tentang efek mencampurkan Adem Sari dan Lasegar lalu diminum bersamaan. Pun, belum pernah ada orang yang melaporkan efek samping tertentu terhadap pencampuran kedua minuman ini, termasuk efek yang Anda tanyakan yaitu kekakuan otot tubuh sehingga sulit membuka mulut dan berjalan.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami sulit membuka mulut dan berjalan, sebaiknya langsung diperiksakan ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium atau tes motorik. Dokter akan menentukan penyebab penyakit Anda dan memberikan solusi yang tepat. 

Sebelum menutup forum ini, perlu diketahui bahwa jawaban forum ini tidak dimaksudkan untuk merekomendasikan ataupun melarang penggunaan produk tertentu. Jawaban forum ini juga tidak mengandung promosi tertentu. Terima kasih, semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak semua tenggorokan terasa mengganjal indikasi penyakit serius

Tenggorokan Terasa Mengganjal? Jangan Anggap Sepele

Tenggorokan terasa mengganjal adalah indikasi dari suatu gangguan tertentu. Terkadang tenggorokan terasa mengganjal tidaklah serius, tetapi bisa jadi hal tersebut merujuk pada adanya cedera di pita suara yang memerlukan penanganan medis.