09 Mar 2020, 10:00Kandungan

Kenapa sudah menikah lebih dari 1 tahun tapi belum juga hamil?

DJ
Info Penanya: DJ, Pria, 35 Tahun
Selamat pagi Dokter, Mohon advise, kami pasangan yangsudah menikah sekitar 1 tahun, dan belum mempunyai momongan. Kami melakukan hubungan secara rutin dan tanpa ada kendala apa pun. Kami tidak merasa ada yang aneh dalam hubungan kami. Tetapi sampai saat ini belum ada tanda-tanda kehamilan. Istri haid teratur setiap 25 hari. Kami tidak minum obat-obatan apapun. Tidak minum alkohol. Apakah rokok, kopi dingin, stres, obesitas, bisa mempengaruhi kesuburan? Apakah ada kemungkinan lainnya?
3668 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang DJ, Pasangan yang telah menikah lebih dari 1 tahun dan melakukan hubungan seksual secara rutin tanpa menggunakan kontrasepsi atau metode pencegahan tetapi belum juga mendapatkan kehamilan dapat dikategorikan pada infertilitas atau adanya gangguan kesuburan.

Penyebab infertilitas sendiri adalah beragam, tidak hanya dari salah satu pihak.

Jadi untuk pastinya perlu dilakukan pemeriksaan kesuburan baik pria dan juga wanita. Nantinya pria akan dilakukan pemeriksaan analisa sperma pada dokter spesialis andrologi dan wanita dilakukan pemeriksaan kesuburan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Dimana kesuburan tidak berpengaruh pada hubungan seksual, jadi tidak bisa dinilai hanya dari tidak ada kendala saat melakukan hubungan seksual.Setelah diketahui kondisi kesuburannya nanti baru dilakukan upaya untuk bisa mengatasi infertilitas tersebut. Nantinya program hamil dapat dilakukan baik dengan pemberian obat penyubur jika ada masalah kesuburan ataupun dengan bantuan untuk melakukan pembuahan seperti misalnya inseminasi buatan ataupun metode bayi tabung.Beberapa asupan makanan, gaya hidup seperti merokok, konsumsi alkohol, kurang istirahat, terlalu lelah dan kondisi psikis seperti stres, cemas, depresi bisa berpengaruh pada kesuburan untuk itu perlu dipastikan apa kondisinya dengan memeriksakan diri pada dokter. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
perawatan kesuburanmasalah infertilitastes kesuburan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil