Sulit ereksi saat berhubungan apakah impoten?

RI Info Penanya: RI, Pria, 30 Tahun
Dok akhir2 ini reaksi aku kalau berhubungan intim cepat turun, terkadap barangku kaga mau ngaceng,,, itu knpa ya dok kira2... Apa aku uda impoten di usia 32 ini..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RI. 

Terimakasih sudah bertanya di SehatQ. Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda. 

 

Impoten atau disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan mencapai atau mempertahankan ereksi penis dengan baik untuk berhubungan seksual, meskipun mendapat stimulasi seksual.

 

Ereksi dapat terjadi karena terpicunya gairah seksual pria, yang mana merupakan proses yang kompleks. Proses tersebut melibatkan otak, saraf, otot, pembuluh darah, hormon, dan emosi. Disfungsi ereksi biasanya terjadi jika hal-hal tersebut mengalami masalah. Bahkan, ada kemungkinan penyebabnya merupakan kombinasi dari beberapa kondisi.

 Banyak faktor yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi antara lain psikologi, ada penyakit medis yang sedang diderita, sedang mengkonsumsi obat obatan tertentu, konsumsi alkohol dan rokok, dll. 

 Apabila anda khawatir dengan keluhan anda, saya sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi, atau ke psikolog. Dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan lanjutan yang meliputi tes darah, tes urine, atau USG penis. Setelah penyebabnya dipastikan, dokter dapat menentukan pengobatan yang tepat.

 

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah impotensi antara lain:

  • Olahraga teratur
  • Mengonsumsi makanan gizi seimbang
  • Istirahat cukup
  • Menghindari konsumsi minuman beralkohol
  • Hindari penggunaan NAPZA
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin
  • hindari stres

 

 

Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat, 

dr. Sandy Aditya P. 

 

 

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ginekomastia atau tumbuhnya payudara pada pria merupakan pertanda adanya ketidakseimbangan hormon

Ginekomastia, Salah Satu Sinyal Masalah Kesuburan Pria

Ginekomastia adalah salah satu gejala kesuburan pria. Hal ini terjadi saat hormon estrogen dan testosteron tidak seimbang.