25 Feb 2021, 18:29Psikologi

Apa yang menyebabkan orang susah berkomunikasi ?

HH
Info Penanya: HH0
Halo dok, saya merasa kesulitan bersosialisasi akhir-akhir ini. Pertama karena saya merasa kurang percaya diri dengan diri saya sendiri, kedua saya merasa teman-teman saya justru menjauhi saya. Saya tipe yang sangat sulit berkomunikasi bahkan jika mengobrol sulit melihat ke mata, saya sering merasa tidak nyaman saat mengobrol dengan seseorang, bagaimana cara menyembuhkannya ya dok
191 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, Z.Komunikasi adalah suatu cara seseorang dalam mengungkapkan sesuatu, apa yang dia rasakan, apa yang dia inginkan. Namun tidak semua orang dapat berkomsunikasi dengan baik, terlebih orang dengan karakteristik pemalu.

Apa yang menyebabkan orang susah berkomunikasi ?

Kepribadian seseorang berbeda-beda. Ada kalanya seseorang yang lebih nyaman untuk sendiri, tidak bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain. Namun ada tipe orang yang tidak bisa hidup menyendiri, selalu ingin berbaur, berkomunikasi dan menjalin pertemanan dengan orang lain.Semua ini adalah hal yang wajar. Namun jika kepribadian membuat aktifitas sehari-hari menjadi terganggu, sulit berkomunikasi sehingga menjadi beban pikiran dan memicu stress, maka harus dikonsultasikan ke dokter spesialis jiwa atau psikolog.Cara menghilangkan rasa malu saat komunikasi adalah dengan percaya diri. Coba untuk tenang, menarik nafas panjang, anggap lawan bicara adalah keluarga sendiri yang membuat Anda merasa nyaman. Latih untuk terus berkomunikasi baik secara langsung maupun di depan cermin. Cari topik menarik untuk dibahas, dan jangan merasa tersinggung terhadap sikap orang lain. Ambil setiap sisi positif apa yang terjadi.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gangguan stres akutgangguan kepribadianpsikoterapi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil