Sulit bernapas ketika tidur, apa penyebabnya?

NB Info Penanya: NB, Wanita, 23 Tahun
Dokter kenapa kalau mau tidur saya kesulitan untuk bernafas, tetapi kalau menjalankan aktifitas seperti biasa, saya tdk merasakan itu? Saya takut dok apa ini mungkin gejala corona?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NB,

Sesak napas adalah gejala yang bisa disebabkan oleh beragam kemungkinan. Kemungkinan tersebut tidak selalu pasti corona. Jadi apabila keluhan sesak napas timbul saat malam perhatikan pemicunya.

Sesak bisa dipengaruhi posisi seperti tiduran, perlu diperhatikan ada tidaknya keluhan lain seperti bunyi napas tambahan, keringat dingin, perlu memperbaiki posisi tubuh seperti meninggikan kepala atau menambah bantal, ada tidaknya dada terasa tertekan, nyeri ulu hati atau lainnya.

Penyebab sesak napas

Sesak napas bisa timbul seperti karena:

  • Infeksi saluran napas
  • Penyakit asma
  • Gangguan pencernaan seperti penyakit asam lambung atau GERD, penyakit maag
  • Gangguan jantung

Ada baiknya perhatikan juga kebiasaan sehari-hari seperti pola makan, pola istirahat atau ada tidaknya riwayat penyakit lain yang diderita. Upayakan perbaiki pola makan jika masih belum teratur, hindari makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, bersantan, ataupun minuman seperti kopi, cokelat, teh ataupun minuman berkarbonasi.

Hindari merebahkan diri 1-2 jam setelah makan agar tidak memicu meningkatnya asam lambung yang mengiritasi dan menimbulkan dada terasa sesak atau disebut heart burn. 

Jika tidak ada perbaikan maka periksakan diri pada dokter untuk diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan mulai dari wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti rekam jantung. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan jantung berdebar.

Inilah Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Jantung Berdebar

Beberapa jenis makanan dan minuman bisa membuat jantung berdebar dengan kandungan sebagai berikut: kopi, cokelat, teh mengadnung kafein,alkohol,gula,dan MSG.