Kenapa saya merasa sesak napas?

F1 Info Penanya: F1, Wanita, 1 Tahun
Halo dok, saya mau bertanya, sudah kira kira 2 hari ini saya mengalami sesak napas tersasa ada yg menimpa didada dok, sehingga bernapas agak sedikit berat, namun saya tidak demam, batuk, apakah ini gejala corona dok, atau gimana?, terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang F,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Sesak napas sendiri adalah kondisi ketika Anda kesulitan dalam bernapas atau tidak cukup mendapat asupan udara. Sesak napas banyak penyebabnya, bisa mulai dari organ paru-paru maupun jantung. Beberapa penyakit yang dapat menimbukan sesak napas adalah pilek, alergi, asma, anemia, kehamilan sinusitis, tuberkulosis, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan gangguan jantung seperti gagal jantung, serangan jantung atau aritmia jantung.

Jika Anda mengalami sesak napas Anda dapat mengatasinya dengan :

  • Menghindari pemicu seperti debu, asap rokok, polusi udara dan bulu hewan peliharaan. Jaga selalu kebersihan rumah agar terbebas dari debu, kutu, atau tungau.
  • Jika Anda mengalami berat badan berlebih sebaiknya Anda menurunkan berat badan Anda karena obesitas dapat menyebabkan sesak napas.
  • Hindari tempat-tempat yang tinggi dan aktivitas yang berat

Untuk mencegah tertular dari Covid-19 tetap ikuti saran dengan mengisolasi diri 14 hari di rumah, jangan keluar rumah jika terpaksa gunakan masker, tetap jaga kebersihan dengan mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang sekitar. Dan jika ada keluhan batuk, pilek, demam dan sesak napas sebaiknya periksakan diri rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus adalah organisme mikroskopik yang banyak menimbulkan penyakit pada mahluk yang ditumpanginya

Apa itu Virus? Pembahasan Singkat yang Perlu Kita Pahami

Virus adalah organisme super kecil dan menyebar luas di penjuru bumi. Virus pun banyak jenisnya dan menimbulkan beragam penyakit. Kenali virus lebih jauh.