Sulit bernafas ketika tangan kanan bergerak ke atas karena apa?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 28 Tahun
Permisi Dok.Saya mengalami gangguan pernapasan ketika tangan kanan saya digerakkan keatas. Mohon obatnya apa? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Keluhan sesak napas adalah gejala yang timbul dimana terjadi kesulitan untuk menarik napas ataupun dada terasa berat. Hal ini bisa terjadi karena beragam hal mulai dari gangguan saluran napas, gangguan jantung, gangguan pencernaan ataupun jika dipicu oleh pergerakan tangan berarti bisa disebabkan karena gangguan otot, terutama otot dada yang berpengaruh pada saat bernapas.

Jika terjadi hal tersebut, bisa lakukan peregangan ringan, kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin lalu hangat, perhatikan postur tubuh saat beraktivitas dan terutama saat tidur, dan juga hindari melakukan aktivitas atau membawa beban berat seperti misalnya meletakan tas di satu sisi.

Bisa juga konsumsi paracetamol untuk mengurangi nyeri akibat pergerakan lengannya. Ada baiknya segera periksakan diri pada dokter untuk dilakukan pemeriksaan mulai dari pemeriksaan lab darah, pemeriksaan rontgen, pemeriksaan rekam jantung ataupun pemeriksaan lainnya. Jika ada masalah otot nantinya juga bisa dilakukan pengobatan ataupun fisioterapi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lidah tertelan sering dihubungkan dengan kejang

Meluruskan Mitos Lidah Tertelan dan Hubungannya dengan Kejang Epilepsi

Istilah lidah tertelan sering dikaitkan dengan penyakit epilepsi atau ayan. Disebut bahwa keluhan kejang epilepsi dapat menyebabkan lidah seseorang tertelan. Benarkah pendapat ini?