Suka ngences disiang hari namun tidak saat tidur malam

W Info Penanya: W, Wanita, 24 Tahun
Selamat siangDok sy mau tanya perihal ngeces disiang hari.Sblmnya tidak sprti ini v bru2 skrg stiap tdur siang suka ngeces v klo tdur mlm tdk sma skli. Kira2 itu knp ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, W

Peningkatan air liur membuat seseorang mengalami ngencess saat tidur. Beberapa hal yang membuat seseorang mengeluarkan air liur lebih banyak saat tidur siang karena terjadi penurunan kesegaran mulut, iritasi didalam mulut, dan peningkatan asam lambung. 

Saat tidur siang biasanya seseorang sehabis makan yang membuat mulut lebih banyak diproduksi agar mulut tetap lembab, selain itu adanya peningkatan asam lambung atau refluks asam sering terjadi saat tidur memicu produksi air liur lebih banyak. 

Saya sarankan agar menyikat gigi atau berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol untuk menjaga kesegaran mulut, hal itu dapat mengurangi produksi air liur, anda juga harus menghindari makanan yang pedas panas dan asam. Selain itu,gaya hidup seperti mengkonsumsi alkohol, merokok dan jarang minum air putih dapat memicu air liur meningkat. Saat sudah makan hindari langsung tidur karena akan memicu refluks asam lambung dan meningkatkan produksi air liur juga. 

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.

Ini yang Terjadi Ketika Anda Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Saat berbuka puasa bukan momen balas dendam. Makan berlebihan saat buka puasa bisa menghadirkan masalah bagi tubuh Anda.