13 Mar 2021, 19:16Penyakit Lainnya

Sering kaget, bagaimana solusinya?

NJ
Info Penanya: NJ0
Begini Dok saya sering kali merasa terkejut saat ada orang yg sedang berjalan menuju saya padahal saya tau kalau pasti ada orang yg akan berjalan itu,dan juga saya sering kaget hanya masalah kecil seperti sendok jatuh,dipanggil teman,bahkan angin yg bertiup saja saya kaget?Dan untuk takut sih saya tidak pernah merasa takut akan apapun hanya kaget yg perlebihan saja dan itu membuat saya merasa lemah dan saya tidak suka itu?Bagaimana sih dok cara mengatasi rasa kaget itu?
233 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, NJ.Kaget atau terkejut adalah respon normal tubuh ketika melihat sesuatu yang tidak diprediksi. Ketika kaget, terjadi beberapa hal pada tubuh. Misalnya, hormon stres atau kortisol meningkat. Lalu, saraf-saraf simpatis tubuh juga bekerja. Hal ini menyebabkan timbulnya gejala-gejala fisik seperti jantung berdebar, berkeringat dingin, dan napas menjadi cepat. Setelah rasa kaget mereda, gejala tersebut akan hilang perlahan dengan sendirinya.

Penyebab Sering Kaget

Apabila seseorang sering kaget pada hal-hal kecil, maka berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:
  • faktor genetik (keturunan)
  • gangguan sistem saraf
  • epilepsi atau ayan
  • adanya gangguan psikologis, misalnya post traumatic stress disorder
  • konsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu
Untuk mengatasi rasa kaget berlebih, perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Misalnya, apabila penyebabnya adalah gangguan saraf, maka harus diberikan obat-obatan yang sesuai. Apabila disebabkan oleh trauma psikologis, maka membutuhkan psikoterapi.Sebagai penanganan awal, Anda dapat mencoba melakukan latihan napas dan meditasi. Anda juga dapat melakukan olahraga yoga. Namun, apabila tidak membaik, coba konsultasikan lebih lanjut kepada dokter spesialis saraf guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab, kemudian diberikan terapi yang tepat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
masalah sarafpost traumatic stress disorder (PTSD)gangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil