Suka berhalusinasi, delusi, bicara sendiri dan merasa ada yang mengawasi

M Info Penanya: M, Wanita, 17 Tahun
Gini dok,saya suka berhalusinasi dan delusi kapan aja dan dimana aja dok.sampai sampai secara tidak sadar saya suka berbicara sendiri padahal tidak ada 1 org pun di sekitar saya.dan saya selalu merasa di awasi seakan akan ada yg mengawasi,melihat saya 24 jam non stop dan seakan akan bayangan yg ada di pikiran saya itu beneran nyata alhasil itu membuat saya tidak nyaman.Dan dari situ saya memulai mencari tau ada apa dengan diri saya.Lalu saya tau kl yg saya rasakan ini itu salah satu dari penyakit mental yaitu Skizofrenia ,walaupun saya belum pernah berkonsultasi secara langsung dengan ahli psikolog,tetapi saya sudah bisa menilai dan menamai penyakit saya dengan skizorenia,karna dari gejalanya,ciri ciri dri skizofrenia ini sangat sama dengan saya saya alami sampai detik ini jga.terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam M

Gejala halusinasi, delusi, kecurigaan dan perubahan kemampuan bicara merupakan tanda gangguan psikotik, jika gejala menetap diatas 1 bulan maka dianggap gangguan psikotik peresisten atau skizofrenia. 

Penyabab skizofrenia saat ini bersifat multifaktorial seperti depresi, kelainan genetik, faktor lingkungan. 

Saya sarankan anda untuk melakukan aktivita olahraga, hindari stress, lakukan hobi yang menarik, hindari rokok dan alkohol. Anda juga harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis jiwa atau psikiater (SP.KJ) untuk mendapatkan terapi cognitif mental, psikoterapi dan obat anti psikotik, biasanya dengan pemberian antipsikotik gejala yang anda alami dapat menghilang dan terkontrol selanjutnya dapat menjalani hidup dengan baik.

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang tidak tahu bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.

Sebelum Anda Membantu Penderita Depresi, Pahami Gejalanya Terlebih Dahulu

Dengan banyaknya persepsi salah mengenai depresi di media sosial atau platform lainnya, menunjukkan bahwa banyak orang tidak tahu apa itu depresi dan bagaimana rasanya depresi. Pemahaman tentang depresi sebaiknya dipelajari sebelum membantu penderita depresi, agar tidak semakin memperburuk gejala mereka.